Jembatan Landak Senilai Rp100 Miliar Ditargetkan Selesai Akhir 2018

Wali Kota Pontianak Sutarmidji meyakini pembangunan duplikasi Jembatan Landak senilai Rp100 miliar akan selesai pada akhir 2018 sesuai amanah dari Presiden RI Joko Widodo.
Yanuarius Viodeogo | 07 Desember 2017 23:25 WIB
Wali Kota Pontianak Sutarmadji - Istimewa

Bisnis.com, PONTIANAK – Wali Kota Pontianak Sutarmidji meyakini pembangunan duplikasi Jembatan Landak senilai Rp100 miliar akan selesai pada akhir 2018 sesuai amanah dari Presiden RI Joko Widodo. 

“Dana yang sudah digelontorkan pada 2017  lebih dari Rp20 miliar dan tahun depan (2018) kami anggarkan Rp70 miliar-Rp80 Miliar. Semoga akhir 2018 tuntas,” kata Sutarmidji dalam keterangan pers, Kamis (7/12/2017). 

Dia menuturkan, sejumlah proses ganti rugi tidak ada masalah kecuali menyelesaikan sejumlah ruko sedang direnovasi dan tempat tinggal yang tengah dalam pembahasan ganti rugi. 

Termasuk, menurutnya, tanah yang berada di bawah Jembatan Landak menuju arah Pontianak Utara akan Pemkot Pontianak selesaikan dalam waktu 3 hari ke depan. 

Sementara itu, Kepala Satuan Kerja (Satker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Balai Besar 11 Banjarmasin Herlan Hutagol mengutarakan, akhir 2018 diharapkan rangka jembatan sudah selesai dengan masa pembangunan tetap 3 tahun. 

Dia menyebutkan karakteristik tanah di lokasi untuk penancapan tiang membutuhkan 2 sambungan sepanjang 24 meter sebagai pondasi dengan catatan perlu uji atau tes pile driving analyzer (PDA). 

“Itu pasti kami tes, kami khawatir di sini tanahnya lunak dikhawatirkan bergeser. Sungai juga ada karakteristiknya setiap tanah punya lapisan berbeda di setiap sungai,” ujarnya. 

Tag : pontianak
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top