Terdongkrak Black Friday, Kekayaan Pendiri Amazon Tembus Rekor

Pendiri dan pemegang saham terbesar Amazon sekaligus orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos semakin meraup untung dari perayaan hari diskon belanja Black Friday yang digelar pekan ini.
Irene Agustine | 25 November 2017 11:49 WIB
CEO Amazon Jeff Bezos (kiri) menjelaskan prototipe drone pengirim paket kepada Charlie Rose dari CBS. - CBS

Bisnis.com, JAKARTA – Pendiri dan pemegang saham terbesar Amazon sekaligus orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos semakin meraup untung dari perayaan hari diskon belanja Black Friday yang digelar pekan ini.

Kini, dirinya menjadi miliarder yang memecahkan rekor karena memiliki total harta yang menembus US$100 miliar atau sekitar Rp1.350 triliun dengan asumsi kurs Rp13.505 per dolar Amerika Serikat.

Dengan begitu, Bezos, 53 tahun, menjadi miliarder pertama yang berhasil mencetak kekayaan bersih 12 digit sejak 1999 setelah Bill Gates mencapai hal tersebut di tahun itu.

Dikutip dari Bloomberg, Sabtu (25/11/2017), kekayaan Bezos terdongkrak US$2,4 miliar menjadi US$100,3 miliar didorong oleh kenaikan saham ritel online tersebut sebesar 2% akibat optimisme penjualan pada black Friday.

Pada jumat diskon tersebut, data dari Adobe Analytics menyatakan bahwa pembelian online melalui Amazon menanjak hingga 18,4% dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut mendorong investor bertaruh bahwa perusahaan akan mengambil keuntungan luar biasa dari belanja online selama musim perayaan diskon.

Kekayaan Bezos sendiri tercatat naik US$32,6 miliar sepanjang tahun ini, yang menjadikannya sebagai satu dari 500 orang terkaya di dunia yang kenaikan hartanya paling tinggi berdasarkan Bloomberg Billionaire Index.

Untuk minggu saja, kekayaanya menanjak sebanyak 5% atau tampak menonjol sendiri. Penjualan saham secara berkala tampaknya semakin mendongkrak kenaikan saham Amazon dan menguntungkan dirinya, salah satunya kepada perusahaan yang bergerak di bidang luar angkasa, Blue Origin LLC.

Pencapaian kekayaan Bezos sendiri banyak menimbulkan pertanyaan perihal apa yang akan dilakukan miliarder itu. Seperti diketahui, Bezos sejauh ini baru terlibat kegiatan amal dalam skala kecil. Dirinya baru menyatakan keinginannya untuk fokus pada filantropi dalam beberapa waktu terakhir.

Hal tersebut berbeda dengan Bill Gates, orang terkaya kedua dunia yang kekayaannya dia lewati pada Oktober lalu dan Warren Buffet, orang terkaya ketiga di dunia yang sangat massif memberikan sumbangan dalam kegiatan amal. Kekayaan Gates dan Buffet kini berada persis dibelakang Bezos, yakni masing-masing sebesar US$86,8 miliar dan US$78,9 miliar.

Menurut Indeks Bloomberg, kekayaan bersih Bill Gates, pendiri Microsoft tersebut seharusnya bisa melebihi US$150 miliar jika dirinya tidak membagikan sekitar 700 juta saham Microsoft dan US$2,9 miliar uang tunai dan asset untuk kegiatan amal.

Tag : amazon
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top