Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembebasan Lahan Manado Outer Ring Road III Ditarget Selesai November

Proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Manado Outer Ring Road (MORR) III yakni ruas Winangun - Malalayang sepanjang 10 kilometer ditargetkan selesai pada November tahun ini.
Ilustrasi -- Jembatan Soekarno di Manado/Bisnis
Ilustrasi -- Jembatan Soekarno di Manado/Bisnis

Bisnis.com, MANADO - Proses pembebasan lahan untuk pembangunan jalan Manado Outer Ring Road (MORR) III yakni ruas Winangun - Malalayang sepanjang 10 kilometer ditargetkan selesai pada November tahun ini.

Hal tersebut ditegaskan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Edwin Silangen, usai meninjau langsung lokasi pembangunan MORR III, Rabu (11/10). Tinjauan itu dilakukan untuk melihat secara langsung proses identifikasi dan inventarisasi lahan yang saat ini telah menjangkau Desa Sea, Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa.

Pihaknya sekaligus memastikan secara langsung pemilik dan lokasi lahan serta keabsahan dokumen pendukung kepemilikan lahan di daerah yang bakal dibangun jalan guna mengurai kemacetan di daerah Bahu sampai Malalayang tersebut.

"Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kelancaran pembangunan MORR III. Apabila sudah terealisasi, masyarakat juga yang akan menikmati hasilnya. Macet pun akan terurai," ujarnya.

Menurutnya saat ini terdapat sebanyak 40 bidang lahan yang telah teridentifikasi, mencakup kurang lebih empat kilometer dari total lahan yang akan dibebaskan.

Tim pembebasan lahan optimistis proses identifikasi dan inventarisasi lahan tersebut akan selesai akhir Oktober tahun ini. Kemudian, setelah itu dilanjutkan dengan proses pembayaran yang ditargetkan selesai November mendatang.

Sebelumnya, Komisi III DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memberikan perhatian serius terhadap pembangunan MORR III ruas Winangun-Malalayang yang rencananya membutuhkan lahan seluas 64,68 hektare tersebut.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulut, Amir Liputo mendesak Pemprov Sulut untuk mempercepat proses pembangunan MORR III mengingat saat ini Pemda Sulut telah menyiapkan anggaran sebesar Rp110 miliar, untuk pembebasan lahan dan pembangunan infrastruktur jalan.

“Pembayaran awal bisa dilakukan akhir September sampai Oktober. Kita berharap itu bisa direalisasikan sesuai waktu yang ditetapkan,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kerjasama semua pihak guna mempercepat proses pembebasan lahan tersebut. Pasalnya, susahnya proses pembebasan lahan memang masih menjadi kendala saat ini, sehingga pembangunan jalan yang disiapkan untuk mengurai kemacetan di Kota Manado tersebut terhambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper