UNP : Gelar Doktor HC bagi Megawati Bukan Politis

Universitas Negeri Padang (UNP) memastikan tidak ada maksud politis dalam pemberikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada mantan Presiden Megawati Soekarno Putri.
Heri Faisal | 25 September 2017 01:55 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri - ANTARA/Nova Wahyudi

Kabar24.com, PADANG—Universitas Negeri Padang (UNP) memastikan tidak ada maksud politis dalam pemberikan gelar Doktor Honoris Causa (HC) kepada mantan Presiden Megawati Soekarno Putri.

Rektor UNP Ganefri menyebutkan pemberikan gelar HC kepada Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu murni persoalan akademis.

“Ini [pemberian gelar doktor] tidak berkaitan sedikitpun dengan persoalan politik, murni persoalan akademis,” katanya, beberapa waktu lalu.

Ganefri memastikan pemberikan gelar Dr HC kepada Megawati pada 27 September mendatang, karena perannya yang berjasa dalam bidang pendidikan.

Megawati dianggap berhasil dalam mereformasi pendidikan terutama menyangkut UU No.12/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pada era Megawati perundangan tersebut disahkan, sekaligus mengalokasian anggaran pendidikan 20% melalui APBN.

“Saya rasa hal ini yang tidak dipahami oleh sebagian kalangan, padahal beliau berjasa di bidang pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, terkait adanya tanggapan masyarakat mengenaik Permendikbud No.21/2013 yang mensyaratkan penerima gelar Doktor Honoris Causa harus memiliki gelar strata 1 sudah tidak berlaku lagi.

Permen tersebut, sudah diganti dengan aturan baru, yakni Peraturan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi No.65/2016 tentang Gelar Doktor Kehormatan, sehingga pemberian gelar tersebut sesuai dengan regulasi yang ada.

 

Tag : megawati
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top