Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Ini Presiden Jokowi Bertemu Peternak Domba

Presiden Joko Widodo akan melakukan temu wicara dan silaturahmi dengan sekitar 1.200 peternak domba di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).
 Presiden Joko Widodo saat melihat domba yang akan ikut lomba di kawasan Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2016). Didamping Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara (kanan)/Antara-Yulius Satria Wijaya
Presiden Joko Widodo saat melihat domba yang akan ikut lomba di kawasan Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/8/2016). Didamping Ketua Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Yudi Guntara (kanan)/Antara-Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah hiruk pikuk isu dan kabar adu domba di media sosial, hari ini Presiden Jokowi bertemu peternak domba.

Presiden Joko Widodo melakukan temu wicara dan silaturahmi dengan sekitar 1.200 peternak domba di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (24/9/2017).

Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada Jambore Peternakan Nasional 2017 yang digelar bersamaan acara tersebut mulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Acara itu juga dimeriahkan sajian 100 ekor kambing guling yang akan dimakan bersama untuk mememecahkan rekor baru Museum Rekor Indonesia (MURI).

Rangkaian kegiatan Jambore Peternakan Nasional 2017 yang sudah dilaksanakan mulai 22 September sampai dengan hari ini, diisi dengan kontes dan seni ketangkasan Domba Garut, kontes Kambing Kaligesing, eksibisi ternak oleh peternak sapi, ayam lokal, itik, dan kelinci.

Kegiatan ini juga dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai kegiatan wisata dan edukasi di bidang peternakan.

Rapat Kerja Nasional dan Silaturahmi Nasional Peternak Kambing Domba juga dilakukan untuk melakukan konsolidasi.

Penyerahan penghargaan kepada kelompok peternak dan petugas berprestasi juga dilakukan sebagai tindaklanjut dari arahan Presiden Jokowi untuk memberikan apresiasi kepada peternak dan stakeholders terkait lainnya yang telah berkontribusi dalam pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, serta sebagai upaya menarik minat generasi muda untuk menjadi peternak.

Selain itu juga dilakukan penyerahan SK (Surat Keputusan) penetapan wilayah sumber bibit dan wilayah bebas penyakit.

Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Fini Murfiani dalam keterangan tertulisnya menyebutkan Pemerintah melalui Kementerian Pertanian dan Kantor Staf Kepresiden mempunyai maksud tersendiri menggelar Jambore Peternakan Nasonal 2017.

"Kegiatan ini ingin memberikan pesan bahwa subsektor peternakan mempunyai peranan penting untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani," katanya.

Pemenuhan protein hewani asal ternak yang bersumber dari daging, telur dan susu, memiliki posisi penting karena menentukan kualitas sumber daya manusia sebagai agen perubahan.

Pemenuhan protein ini sangat berperan dalam menyehatkan dan mencerdaskan anak bangsa.

Jambore ini mengangkat tema "Masyarakat Sehat dan Cerdas dengan Protein Asal Ternak" yang diartikan bahwa peningkatan konsumsi protein hewani asal ternak dapat dimaknai juga sebagai upaya mengoptimalkan pangsa pasar domestik yang sekaligus juga merupakan simbol kebangkitan ekonomi kerakyatan.

Saat ini pemeliharaan sapi, domba, dan kambing sebagian besar dilakukan oleh rumah tangga petani, baik sebagai usaha utama maupun merupakan bagian kecil dari suatu usaha terintegrasi, misalnya dengan tanaman pangan atau perkebunan.

Hal tersebut merupakan potensi yang cukup besar dalam pengembangan ekonomi kerakyatan, namun di sisi lain masih perlu untuk ditingkatkan karena masih banyak yang belum memenuhi skala ekonomis.

Perbaikan usaha peternakan harus secara komprehensif dikembangkan dari hulu sampai hilir, dan penekanan pada proses bisnis sehingga mempunyai nilai tambah dan daya saing yang kuat untuk meningkatkan pendapatan peternak.

Dengan inovasi dan dukungan dunia pendidikan, serta melihat teladan dari para pemenang dan penerima penghargaan hari ini, Pemerintah berharap anak muda Indonesia tertarik dan tertantang untuk menjadi peternak yang penuh inovasi sehingga mempunyai daya saing.

Peran perguruan tinggi dalam menghasilkan pemuda pemudi yang siap berbisnis dan teknologi dan inovasi tepat guna juga dianggap perlu ditingkatkan.

Pengembangan dan pembenahan kelembagaan kelompok/gabungan kelompok, koperasi, dan asosiasi, menjadi korporasi yang berorientasi bisnis agar lebih mempunyai daya saing dan terjamin keberlanjutan usahanya.

"Perbaiki tata cara budidaya, panen, pasca panen, pengolahan dan distribusi dengan cara yang baik, serta melakukan inovasi-inovasi dibidang pemasaran, akan meningkatkan nilai tambah bagi peternak," sebut Fini.

Subtema yang diangkat dalam Jambore Peternakan Nasional ini yaitu "Bangga menjadi Peternak Indonesia" sangat sesuai karena Peternak sebagai ujung tombak pemenuhan kebutuhan protein hewani asal ternak mempunyai peran sangat penting sebagai lokomotif pembangunan.

Pihaknya berharap dengan menggerakkan motor lokomotif pembangunan peternakan tersebut diharapkan akan terjadi laju pertumbuhan sub sektor peternakan.

Dengan begitu setelah pasar dalam negeri tercukupi, Indonesia akan mengembangkan ke pasar ekspor, seperti ekspor daging dan telur ayam ras, bahkan ekspor untuk kambing domba juga terbuka untuk negara-negara tetangga, sehingga bukan hal yang mustahil, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper