Dilirik Perusahaan China, Saham Fiat Menguat

Perusahaan otomotif China, Great Wall Motor Co Ltd. tertarik untuk membeli sebagian atau seluruh saham Fiat Chrysler Auromobiles (FCA). Perusahaan otomotif China, Great Wall Motor Co Ltd. tertarik untuk membeli sebagian atau seluruh saham Fiat Chrysler Auromobiles (FCA).
Yustinus Andri DP | 21 Agustus 2017 18:40 WIB
Fiat Chrysler Automobiles - Reuters/Brendan McDermid

Bisnis.com, JAKARTA— Perusahaan otomotif China, Great Wall Motor Co Ltd. tertarik untuk membeli sebagian atau seluruh saham Fiat Chrysler Auromobiles (FCA).

Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pejabat Great Wall Motor yang enggan disebutkan namanya. Dia menyatakan, bahwa perusahaannya sedang berusaha mengajukan tawaran akuisisi kepada pemilik merek Jeep dan Ram.

Adapun adanya isu tersebut, mendorong nilai saham FCA naik 3,9% menjadi 11,12 euro di bursa saham Milan pada Senin (21/8/2017). Senada saham Great Wall Motor ditutup naik hampir 3% di bursa saham Shanghai pada hari yang sama.

Sebelumnya, isu mengenai perusahaan China yang tertarik mengajukan penawaran kepada Fiat telah berhembus pekan lalu. Majalah Automotive News melaporkan bahwa terdapat sebuah perusahaan pembuat mobil terkenal China telah mengatakan ketertarikannya pada Fiat, dan telah mengajukan penawaran pada awal bulan ini.

“Kami memang memiliki niat untuk mengakuisisi Fiat. Kami tertarik pada perusahaan tersebut. Isu yang berhembus selama ini memang benar,” kata pejabat tersebut, seperti dikutip dari Reuters, Senin (21/8/2017).

Namun sayangnya, dia enggan menjelaskan berapa besar porsi saham yang dibidik ataupun waktu pelaksanaan proses akuisisi tersebut.

Seperti diketahui, sebelumnya Chief Executive FCA Sergio Marchionne tengah mencari mitra atau pembeli bagi perusahaanya. Aksi korporasi tersebut diharapkan mampu membantu meningkatkan pemodalan bagi produsen mobil terbesar ketujuh di dunia tersebut.

Dia mengatakan, pada saat ini perusahaan membutuhkan dana yang besar untuk membangun proyek mobil yang sesuai dengan peraturan emisi terbaru dan mengembangkan teknologi untuk mobil listrik serta mobil otomatis.

Akan tetapi ketika diminta konfimasi, juru bicara FCA menyatakan bahwa pihaknya tidak sedang didekati oleh Great Wall Motor. Perusaahaan tersebut justru mengaku sedang sibuk dengan rencana bisnis lima tahunnya.

Apabila aksi korporasi tersebut terlaksana, maka akan menjadi salah satu yang terbesar di China sepanjang sejarah. Pasalnya jika menilik nilai kapitalisasi FCA saat ini, jumlahnya telah mencapai US$20 miliar. Adapun, nilai kapitalisasi pasar Great Wall saat in mencapai US$16 miliar.

"Merek Jeep adalah pilihan paling logis karena Great Wall ingin menjadi produsen produk SUV terbesar di dunia. Merek Ram bisa menjadi pilihan, tapi merek Jeep lebih diakui secara global. Saya pikir Great Wall Motor mengincar strategi global, bukan hanya Amerika Serikat," kata Yale Zhang, Kepala Konsultan Foresight Automotive.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
fiat

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top