HARI KEMERDEKAAN: Presiden Kenakan Pakaian Tanah Bumbu

Presiden Joko Widodo pagi ini mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun dengan mengenakan pakaian adat Minang berwarna merah, lengkap dengan tutup kepala.
Gloria Natalia Dolorosa | 17 Agustus 2017 12:05 WIB
Presiden Joko Widoo (ketiga kiri) dan Wapres Jusuf Kalla (keempat kanan) berfoto bersama (dari kiri) mantan Presiden BJ Habibie, Iriana Joko Widodo, mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, Mufidah Jusuf Kalla, mantan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono usai upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI dengan mengenakan busana adat di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8). - ANTARA/Agus Suparto

Bisnis.com, JAKARTA -- Peringatan ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung meriah dengan pakaian adat.

Presiden Joko Widodo pagi ini mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tampak anggun dengan mengenakan pakaian adat Minang berwarna merah, lengkap dengan tutup kepala.

"Karena memang kita ini warna-warni dan sangat beragam. Inilah Indonesia. Agar tahu bahwa kita ini sangat beragam," kata Presiden, Kamis (17/8/2017).

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Istana Kepresidenan kembali menggelar upacara bendera untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

Prosesi Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini dimulai dengan kirab Bendera Negara Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka.

Dalam prosesi tersebut, Nilam Sukma Pawening dari Provinsi DKI Jakarta, yang pada peringatan tahun lalu bertugas sebagai pembawa bendera pada upacara di Istana Merdeka, kali ini bertugas sebagai pembawa bendera dari Monumen Nasional. Naskah proklamasi turut dibawa dalam prosesi ini.

Peringatan pada tahun ini terasa lebih spesial dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk kali pertama, para tamu undangan yang hadir diminta mengenakan pakaian adat kebanggaan mereka. Hal ini tentu menjadikan suasana peringatan kemerdekaan Republik Indonesia semakin berwarna.

Para tamu undangan dan masyarakat yang telah berada di lingkungan Istana Merdeka disuguhi sejumlah pertunjukan kesenian.

Tarian Jejer Kembang Menur dari Banyuwangi berhasil memukau para tamu undangan. Lagu-lagu perjuangan oleh Gita Bahana Nusantara yang turut membangkitkan semangat peserta upacara dan tamu undangan.

Tak ketinggalan, marching band dari TK Kinderfield Duren Sawit dan penampilan Ari Lasso di tengah lapangan Istana Merdeka menambah riuh suasana.

Inovasi lain yang menyita perhatian ialah persembahan "Best National Costume" dari sejumlah provinsi yang semakin mengukuhkan Indonesia sebagai negara dengan kekayaan budaya.

 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Presiden Joko Widodo, HUT Kemerdekaan RI

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top