Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Permudah WN Pakistan Dapatkan Visa

Pemerintah memberikan kemudahan kepada warga negara Pakistan untuk mengunjungi Indonesia dengan menghapuskan kebijakan calling visa.
Bebas visa/Ilustrasi
Bebas visa/Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA – Pemerintah memberikan kemudahan kepada warga negara Pakistan untuk mengunjungi Indonesia dengan menghapuskan kebijakan calling visa.

Usai rapat dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengatakan kebijakan calling visa yang diberlakukan selama ini untuk Pakistan dianggap terlalu berat, rumit dan memakan waktu.

Sebagai contoh, sejumlah pejabat yang mengurusi perdagangan dan investasi dari Pakistan untuk Indonesia pun harus menunggu waktu yang lama untuk bisa masuk ke Indonesia, padahal hubungan ekonomi kedua negara sangat positif.

Sebagai gantinya, Wiranto mengatakan pemerintah akhirnya sepakat agar WN Pakistan cukup melakukan pengajuan visa di seluruh perwakilan Indonesia terdekat, yang artinya tak lagi menggunakan calling visa.

“Pak Wapres mendapatkan masukan dari berbagai pihak dari BIN, Dirjen Imigrasi, Kemlu, kemudian Menkumham, dan saya sendiri menyaksikan langsung, dan Kepolisian Negara, maka akhirnya diambil satu pertimbangan, atau jalan tengah ini, tidak harus calling visa,” jelasnya, di Kantor Wakil Presiden, Senin (7/8/2017).

Sebelumnya, Duta Besar Pakistan untuk Indonesia Mohammed Aqil Nadeem mengunjungi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly terkait permohonan agar Pakistan keluar dari kelompok negara yang membutuhkan calling visa.

Masuknya Pakistan dalam kelompok negara yang memerlukan calling visa sangat menyulitkan warga negara (WN) Pakistan yang ingin berkunjung ke Indonesia. Tercatat sebanyak 8000 lebih WN Pakistan mengunjungi Indonesia sebagai turis wisata pada tahun 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper