Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Efisiensi Anggaran, Sulsel Pangkas Proyek

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memetakan sejumlah program dan perencanaan proyek infrastruktur pada sejumlah OPD yang bukan prioritas.
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 04 Agustus 2017  |  01:39 WIB
Ilustrasi: Pantai Losari di Makassar, Sulawesi Selatan - Antara/Dewi Fajriani
Ilustrasi: Pantai Losari di Makassar, Sulawesi Selatan - Antara/Dewi Fajriani

Kabar24.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan memetakan sejumlah program dan perencanaan proyek infrastruktur pada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) yang dinilai bukan prioritas.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Jufri Rahman menjelaskan langkah tersebut merupakan instrumen dalam mengoptimalkan anggaran sehingga tidak membentuk defisit keuangan tak melebar.

Selanjutnya, hasil pemetaan tersebut menjadi acuan dalam memangkas program ataupun proyek yang dinilai tidak mendesak atau bersifat prioritas.

"Defisit kita sudah Rp217 miliar di APBD pokok. Salah satu alternatifnya, pemangkasan program dan proyek tidak prioritas di OPD," katanya saat dihubungi Bisnis di Makassar pada Kamis (3/7/2017).

Meskipun demikian, Jufri enggan menyebutkan secara terperinci perihal program ataupun proyek yang masuk kategori tidak prioritas sehingga memungkinkan untuk ditunda atau bahkan dihilangkan dalam daftar pelaksanaan.

Di sisi lain, dia juga berharap ada tambahan dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat meskipun pada aspek tersebut diakui relatif sulit lantaran kapasitas fiskal APBN.

Menurut Jufri, pembayaran gaji sekitar 26.000 ASN lingkup Pemprov Sulsel yang mencapai Rp2,9 triliun menjadi salah satu pembentuk defisit keuangan, sedangkan DAU yang diterima Rp2,2 triliun.

Sebelumnya Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel Andi Arwin Azis mengaku akan mengevaluasi pelaksanaan proyek di setiap OPD terutama yang diproyeksikan sulit terealisasi ataupun rampung hingga akhir 2017. "Termasuk pula alokasi dana hibah akan direvisi. Tetapi tidak terlalu besar jumlahnya."


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top