Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penelitian Mahasiswa Unair, Madu Lebah Berkhasiat Cegah Osteoporosis

Madu dari lebah apis dorsatamengindikasikan dapatdigunakan sebagai obat pencegahan osteoporosis setelah diteliti mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) melalui interpretasi Scanning Electron Microscope (SEM).
LIMA anggota kelompok PKMPE FKH UNAIR yang meneliti madu sebagai alternatif obat alami osteoporosis dengan metode SEM/Bisnis-Istimewa
LIMA anggota kelompok PKMPE FKH UNAIR yang meneliti madu sebagai alternatif obat alami osteoporosis dengan metode SEM/Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, MALANG - Madu dari lebah apis dorsatamengindikasikan dapatdigunakan sebagai obat pencegahan osteoporosis setelah diteliti mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) melalui interpretasi Scanning Electron Microscope (SEM).

Peneliti tersebut, yakni kelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga yang diketuai Samsi Yordan (2015), dan beranggotakan Abdullah Hasib (2013), M. Huda Ramadhan (2015), Salsabilla Abani (2016), dan Siti Nur Rohmah (2015).

Penelitian tersebut dijadikan proposal Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta (PKM-PE). Dibawah bimbingan dosennya, Ira Yudaniayanti, berhasil lolos seleksi dan berhak meraih dana penelitian dari Kemenristekdikti dalam program PKM tahun 2016-2017.

Samsi Yordan mengatakan osteoporosis adalah kondisi saat kualitas kepadatan tulang itu menurun. Kondisi ini membuat tulang menjadi keropos dan rentan retak.Gangguan ini dipengaruhi oleh beberapa hal, antara lain jenis kelamin (gender), usia, ras/suku, serta keturunan.

”Faktor utama yang menyebabkan osteoporosis adalah penurunan hormon estrogen .Seorang perempuan atau hewan yang mengalami histerektomi akan mengalami gejala menopouse, karena hormon estrogen tidak diproduksi lagi. Sehingga pembentukan osteoblast terhambat dan osteoklast meningkat yang mengakibatkan kerusakan tulang lebih cepat dibandingkan pembentukan tulang,” jelas Samsi.

Sampai saat ini, pengobatan utama osteoporosis adalah hormone replacement therapy (HRT) dan bifosfonat. Namun risiko penggunaan HRT yang paling utama adalah dapat menimbulkan kanker payudara. Selain itu dapat digunakan kalsium dan vitamin D serta obat-obatan yang harus selalu dikonsumsi.

”Namun,  pengobatan tersebut juga menimbulkan banyak efek samping, seperti nyeri lambung, terutama apabila cara mengonsumsi obatnya tidak sesuaidengan anjuran dokter,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (30/7/2017).

Sementara itu madu dipercaya kaya akan antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolat. Flavonols pada madu akan berinteraksi secara langsung dengan esterogen melalui reseptor ER-β dan ER-α, dan kandungan asam glukonat yang dapat meningkatkan absorbsi kalsium di dalam usus.

Samsi dan kawan-kawan menelitimenggunakan hewan coba tikus putih yang diberi perlakuan Ovariohystercetomy atau pengambilan ovarium.Hewan coba itu diberi madu dengan dosis berbeda-beda selama bulan Maret hingga Juni 2017. Setelah minggu ke-12, tikus dinekropsi untuk pengambilan os femur yang selanjutnya akan dianalisa menggunakan Scanning Electron Microscope(SEM).

Dari penelitian itu diperoleh hasil bahwa tulang yang tidak diberi madu menunjukan penurunan mikroarsitektur, namun pada tulang yang diberi madu dengan dosis tertinggi menunjukan kepadatan tulang dalam keadaan normal dan tidak terjadi penurunan mikroarsitektur tulang. Hal ini mengindikasikan bahwa madu lebah Apis dorsata dapat digunakan sebagai obat pencegahan osteoporosis.

”Kami berharap dari penelitian ini agar masyarakat mengetahui dan lebih memilih memanfaatkan bahan pengobatan yang alami dibandingkan bahan kimia yang dapat memberi efek samping pada tubuh,” kata Samsi Yordan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper