Ini Komentar Obama Saat Bernostalgia ke Candi Prambanan

Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta menilai mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam kunjungannya sangat mengapresiasi Candi Prambanan, dimana dalam kunjungannya pada Kamis pagi menyempatkan diri masuk ke seluruh banguan candi yang ada.
Newswire | 29 Juni 2017 12:43 WIB
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama melambaikan tangan saat mengunjungi Candi Borobudur, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (28/6). - Antara/Anis Efizudin

Kabar24.com, SLEMAN - Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta menilai mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dalam kunjungannya sangat mengapresiasi Candi Prambanan, dimana dalam kunjungannya pada Kamis pagi menyempatkan diri masuk ke seluruh banguan candi yang ada.

"Kesimpulan dari BPCB, Obama sangat mengapresiasi Candi Prambanan dan menyatakan bahwa Candi Prambanan sangat indah . Tadi yang mendampingi Barack Obama ada Kepala Seksi Candi Prambanan Manggar Sari Ayuwati," kata Kepala Seksi Perlindungan pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta Wahyu Astuti, Kamis.

Wahyu Astuti sebenarnya juga disiapkan BPCB Yogyakarta untuk turut mendampingi Barack Obama saat berkunjung ke Candi Prambanan bersama Plt Kepala BPCB Yogyakarta Ari Setyastuti dan Manggar Sari.

Namun karena dari pihak keamanan hanya mengizinkan satu orang yang boleh mendampingi Obama, maka diputuskan hanya Manggar Sari yang mendampinginya.

"Dari pemaparan Manggar Sari, Obama memasuki seluruh bangunan candi yakni Candi Brahma. Candi Siwa dan Candi Wisnu," katanya.

Bahkan Obama juga memasuki Candi Nandi dan Candi Perwara (Pendamping) yang sedang di pugar.

"Obama waktu masa kecil tinggal di Yogyakarta pernah berkunjung ke Candi Prambanan, dan waktu itu Candi Nandi belum dipugar dan hanya berbentuk batu yang berserakan. Ini tadi Obama sempat bernostalgia di Candi Nandi," katanya.

Sedangkan di Candi Perwara Obama juga mengamati secara detil struktur bangunan candi yang sedang dipugar tersebut.

"Obama mengamati bagaimanan proses pemugaran dan bagaimana struktur susunan batu-batu, termasuk sistem kait antarbatu," katanya.

Ia mengatakan, jika seseorang yang berkunjung ke komplek Candi Prambanan bersedia masuk ke seluruh bangunan candi, hal tersebut menandakan bahwa orang tersebut sangat mengapresiasi.

"Bahkan saat didampingi Kepala Unit Prambanan, Obama mengungkapkan bahwa Candi Prambanan indah sekali," katanya.

Sementara itu Kepala Unit Taman Wisata Candi Prambanan Pujo Suwarno membantah bahwa saat kunjungan Obama tersebut Candi Prambanan tertutup untuk wisatawan.

"Yang benar ada pengaturan, memang saat kunjungan Obama wisatawan tidak diperkenankan masuk ke pelataran utama, tetapi masih bisa masuk hingga pelataran ke dua. Kami mohon pemaklumannya," katanya.

Sumber : Antara

Tag : obama, Prambanan
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top