Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir, Pemkot Padang Liburkan Siswa SD dan SMP

Pemerintah Kota Padang meliburkan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), akibat banjir yang melanda daerah itu sejak Rabu (31/5/2017) dinihari tadi.
Ilustrasi-JIBI Photo
Ilustrasi-JIBI Photo

Bisnis.com, PADANG—Pemerintah Kota Padang meliburkan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), akibat banjir yang melanda daerah itu sejak Rabu (31/5/2017) dinihari tadi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius mengatakan banyak sekolah terendam banjir, sehingga mengganggu aktifitas belajar mengajar.

“Banyak siswa yang susah untuk pergi sekolah. Bangunan sekolah juga banyak tergenang banjir. Maka SD dan SMP diliburkan,” katanya.

Dia mengatakan siswa yang akan mengikuti ujian naik kelas terpaksa diundur, dan mereka terpaksa kembali menggelar ujian pada Jumat (2/6/ 2017) mendatang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Edi Hasyimi menyebutkan hampir semua pusat kota digenangi banjir. Banjir terjadi di Padang Utara, Padang Timur, Padang Selatan, Padang Barat, Koto Tangah, dan Lubuk Begalung.

Dia mengatakan lokasi terparah dilanda banjir adalah Jondul Rawang. Ketinggian air di daerah itu mencapai 1,5 meter atau sekitar setinggi dada orang dewasa.

“Sebagian penduduk sudah mengungsi, namun masih banyak yang bertahan,” katanya.

BMKG memperkirakan hujan lebat masih akan mengguyur sebagian besar wilayah Sumbar hingga nanti malam.

Budi Samiadji, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG BIM Padang mengatakan meski hujan sudah mengguyur Kota Padang dan sebagian wilayah Sumbar sejak dinihari, potensinya masih akan terjadi hingga malam.

“Diperkirakan hujan masih turun hingga malam, namun intensitasnya sudah mulai berkurang,” katanya.

Dia menyebutkan sekitar 80% wilayah Sumbar akan diguyur hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Yakni Kota Padang, Padang Pariaman, Kota Pariaman, Pasaman Barat, Agam, Tanah Datar, Kota Padang Panjang, dan Pesisir Selatan.

Selanjutnya, Kota Solok, Kabupaten Solok, Kepulauan Mentawai, Limapulu Kota, Sijunjung, dan Dharmasraya. Hujan diperkirakan juga meluas ke sebagian wilayah Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, dan Solok Selatan.

Dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir dan potensi longsor di daerah rawan bencana, seperti di kawasan Malalak, Palupuah, Lembah Anai, dan Setinjau Laut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper