Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

24 Tahun Jalin Hubungan, Pertama Kali Presiden Lithuania ke Indonesia

Indonesia dan Lithuania menjalin kerja sama bilateral di bidang energi terbarukan, dan bidang teknologi informasi, serta teknologi untuk transportasi.
 Presiden Lithuania Dalia Grybauskait/Istimewa
Presiden Lithuania Dalia Grybauskait/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA -- Indonesia dan Lithuania menjalin kerja sama bilateral di bidang energi terbarukan, dan bidang teknologi informasi, serta teknologi untuk transportasi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Presiden Lithuania Dalia Grybauskait di Istana Merdeka, Rabu (17/5/2017).

Kunjungan Presiden Lithuania ini merupakan kunjungan bersejarah, karena baru kali pertama Presiden Lithuania mendatangi Indonesia. Kunjungan ini juga menjadi pertemuan kerja pertama antara Indonesia dengan Lithuania sejak hubungan diplomatik yang sudah berjalan selama 24 tahun terakhir.

Presiden mengatakan, momentum bersejarah ini dimanfaatkan kedua negara untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.

"Tadi kami bahas dalam bilateral meeting, yang pertama kerjasama di bidang energi yang menyangkut energi biomassa, energi dari sampah dan juga gas. Kedua di bidang IT, baik untuk penggunaan di transportasi darat maupun di penerbangan serta bidang-bidang lain," tutur Presiden saat pernyataan pers bersama, Rabu (17/5/2017).

Menurutnya, Indonesia dan Lithuania juga sepakatmeningkatkan kerjasama perdagangan dan investasi. Keduanya pun mendorong agar negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) segera diselesaikan.

"Indonesia juga telah menyampaikan perhatian terhadap terus berlangsungnya kampanye hitam dan tindakan diskriminatif produk sawit Indonesia di Eropa dan tadi kita juga meminta dukungan Lithuania agar produk sawit Indonesia diberlakukan secara fair," kata Presiden.

Di bidang pariwisata, jumlah wisatawan Lithuania dalam 4 tahun terakhir ini, sejak 2013 hingga 2016, meningkat sebesar 183%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper