Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Persaingan Digitalisasi: Media Harus Beraliansi dan Mencari Mitra Strategis

Membangun aliansi dan mencari mitra strategis merupakan dua hal yang dapat dilakukan untuk memenangkan persaingan di industri media saat ini.
Rahayuningsih
Rahayuningsih - Bisnis.com 02 Mei 2017  |  12:29 WIB
Persaingan Digitalisasi: Media Harus Beraliansi dan Mencari Mitra Strategis
World Press Freedom Day 2017, bertajuk Media Management Workshop: Quality Journalism for Sustainability Business of The Press, Selasa (2/5) - Rahayuningsih
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membangun aliansi dan mencari mitra strategis merupakan dua hal yang dapat dilakukan untuk memenangkan persaingan di industri media saat ini.

Jurnalis senior Bambang Harymurti mengatakan kalau mau survive di era digitalisasi, industri media tidak bisa sendirian, harus mencari rekanan yang memiliki kemampuan pada bidang digital.

"Kita harus menggandeng pihak yang memiliki kemampuan dan ahli di situ, contohnya Washington Post yang menggandeng Amazon. Tak hanya itu, media harus mencari rekanan bisnis yang memiliki cukup dana untuk mengembangkannya. Ini bisnis "bakar uang", " ujarnya dalam rangkaian seminar World Press Freedom Day 2017, bertajuk Media Management Workshop: Quality Journalism for Sustainability Business of The Press, Selasa (2/5).

Menurutnya, media cetak saat ini dihadapkan pada persoalan penurunan pendapatan baik di iklan maupun sirkulasi. Di sisi lain, media digital terus berkembang dengan menawarkan kemudahan mengakses informasi dan murah.

Kondisi ini, lanjutnya, harus disiasati dengan berbagai langkah strategis. Dia mencontohkan aliansi yang telah dilakukan oleh Tempo dengan menggandeng Bisnis Indonesia. "Tiba-tiba kami bisa mendapatkan 500 berita bisnis setiap harinya tanpa harus mengeluarkan biaya. Hal serupa juga didapatkan oleh Bisnis yang mendapatkan berita-berita nonbisnis. Ini win-win, namanya."

Ndang Sutisna, Direktur Eksekutif First Position menambahkan untuk memenangkan persaingan, pelaku industri media harus kreatif menciptakan produk-produk baru. "Tidak masalah itu apakah cetak atau digital. Bila kreatif, maka iklan insya Allah juga bakal sustain."

Menurutnya, pelaku dapat mengambil keuntungan dari digitalisasi ini dengan mengolaborasikan media cetak dan digital agar mendapatkan iklan sekaligus bersamaan. Saat ini sudah banyak yang menikmatinya. "Untuk itu, pelaku harus kreatif."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

media massa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top