Hujan Deras, Garut Dilanda Banjir

Banjir menggenangi sejumlah ruas jalan di kawasan kota di Kabupaten Garut, Jawa Barat, akibat hujan deras mengguyur kota itu, pada Minggu (30/4/2017).
Newswire | 30 April 2017 16:43 WIB
Ilustrasi banjir - Reuters/Henry Romero

Kabar24.com, GARUT - Banjir menggenangi sejumlah ruas jalan di kawasan kota di Kabupaten Garut, Jawa Barat, akibat hujan deras mengguyur kota itu, pada Minggu (30/4/2017).

Hujan yang berlangsung sejak pukul 14.00 WIB itu menyebabkan genangan air di badan jalan protokol. Banjir yang menggenangi jalan di antaranya Jalan Raya Bandung-Garut kawasan Tanjung, kemudian beberapa titik di Jalan Otto Iskandardinata.

Selanjutnya Jalan Raya Cimanuk, Patriot, Simpang Lima, Jalan Guntur, lalu jalur wisata Cipanas Garut, dan beberapa titik di sepanjang Jalan Raya Samarang.

Air yang menggenangi badan jalan itu disebabkan dari curah hujan yang tinggi lalu airnya tidak masuk ke drainase, melainkan mengalir ke jalan.

Seorang warga Garut, Yatno mengatakan setiap hujan deras sejumlah jalanan di Garut selalu digenangi banjir. Menurut dia, permukaan drainase yang ditutup tembok menjadi penyebab air hujan mengalir di badan jalan.

"Saat turun hujan deras, air bukannya masuk ke selokan tapi ke jalan, karena selokannya ditutup tembok," kata Yatno.

Dia menyesalkan tindakan masyarakat yang menutup permukaan drainase oleh tembok untuk dijadikan jembatan menuju halaman rumah.

"Seharusnya jangan ditembok, tapi pakai jembatan seperti besi agar air hujan bisa cepat masuk ke selokan, bukan ke jalan," kata pria warga Kecamatan Samarang itu.

Warga Garut lainnya, Yani, 58 tahun, mengatakan dahulu jalanan di kawasan Garut Kota tidak pernah digenangi air meskipun hujan deras.

Namun sekarang, ucap Yani, setiap turun hujan, kawasan kota di Kabupaten Garut, bahkan di beberapa titik jalan menuju pinggiran kota juga digenangi air.

"Pemerintah secepatnya mengatasi persoalan banjir, jangan sampai banjir di jalanan ini menjadi besar dan menjadi bencana," katanya.

Sumber : Antara

Tag : banjir, Banjir Garut
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top