Menristekdikti : PTN Harus Jadi Agen Pertumbuhan Ekonomi

Menristekdkti Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi negeri harus jadi agen pertumbuhan ekonomi baik lewat sumber daya manusianya yang berkualitas maupun hasil inovasinya.
Dika Irawan | 14 April 2017 15:36 WIB
Menristekdikti Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir - Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Menristekdkti Mohamad Nasir mengatakan perguruan tinggi negeri harus jadi agen pertumbuhan ekonomi baik lewat sumber daya manusianya yang berkualitas maupun hasil inovasinya.

"Dengan demikian sebuah PTN dapat berkembang dan menjadi sebuah PTN yang hebat," terang Nasir saat menyampaikan orasi ilmiah pada acara Dies Natalis ke-11 Universitas Bangka Belitung, Kamis (13/4/2017) lalu.

Berdasarkan siaran pers yang diterima, Jumat (14/4/2017), Nasir menjelaskan agen pertumbuhan salah satu proses yang harus dilalui untuk menjadi PTN berkembang. Sedangkan proses-proses lainnya yaitu agen penelitian dan pengembangan, budaya dan alih teknologi, dan pertumbuhan ekonomi.

Untuk dapat melalui proses tersebut, tambah Nasir, diharapkan seluruh PTN se-Indonesia membuat 'milestone' agar memiliki target capaian yang harus dicapai dan diwujudkan, dalam rentang waktu yang sudah ditargetkan.

Pada kesempatan yang sama Menteri Nasir juga melihat perkebunan pisang yang dimiliki oleh Universitas Bangka Belitung, dimana pohon pisang yang biasanya hanya menghasilkan satu tandan, dengan inovasi yang dilakukan oleh UBB, satu pohon pisang dapat menghasilkan 7 tandan.

"Ini inovasi unggul dari UBB, disatu sisi membantu peningkatan ketersediaan pangan, sisi lain meningkatkan nilai ekonomi daerah sekitarnya," pungkasnya.

Tag : dikti
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top