Dylan Akan TerimaHadiah Nobel di Stockholm

Legenda Musik Bob Dylan akan menerima Hadiah Nobel dan medali di Stockholm dalam beberapa hari ke depan di mana dia memberikan konser akhir pekan ini, ujar sekretaris Nobel Academy dalam sebuah blog pada Rabu (29/3/2017).
Martin Sihombing | 29 Maret 2017 19:54 WIB
Bob Dylan - Reuters

Bisnis.com, STOCKHOLM - Legenda Musik Bob Dylan akan menerima  Hadiah Nobel dan medali di Stockholm dalam beberapa hari ke depan di mana dia  memberikan konser akhir pekan ini,  ujar sekretaris Nobel Academy  dalam sebuah blog pada  Rabu  (29/3/2017).

"Kabar baiknya adalah bahwa Akademi Swedia dan Bob Dylan telah memutuskan untuk bertemu akhir pekan ini," kata Sara Danius dalam sebuah posting blog.

"The Academy kemudian akan menyerahkan Nobel diploma Dylan dan medali Nobel, dan mengucapkan selamat atas Hadiah Nobel dalam Sastra."

Bob Dylan (terlahir sebagai Robert Allen Zimmerman, lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat, 24 Mei 1941) adalah seorang penyanyi-penulis lagu, musikus dan penyair Amerika yang sumbangannya terhadap musik Amerika bertahan lama dan dapat dibandingkan, dalam kemasyhuran dan pengaruhnya, dengan karya-karya Stephen Foster, Irving Berlin, Woody Guthrie, Bruce Springsteen, dan Hank Williams. Tempatnya dalam budaya Amerika dan Eropa pada sepertiga terakhir dari abad ke-20 hingga sekarang memang unik. Dia menerima Penghargaan Nobel Sastra tahun 2016 karena karyanya yang telah menciptakan jenis ekspresi puitis baru dalam tradisi lagu Amerika yang mengagumkan.

Majalah musik Rolling Stone --tulis id.wikipedia.org---  menempatkan Bob dylan dalam urutan kedua pada daftar "Greatest Artists of All Time". Dylan hanya kalah satu tingkat tepat di bawah The Beatles, padahal sejatinya band yang dipimpin John dan Paul ini termasuk band yang terpengaruh gaya bermusik Dylan dan sering mendengarkan lagu - lagu milik Dylan. Tentu saja penghargaan dari media musik tersebut berkaitan dengan fakta bahwa perjuangan dan dedikasi Bob Dylan di dunia musik sudah sangat panjang serta mengagumkan.

Dia adalah musisi mulltidimensional, penyanyi, penulis lagu, sastrawan, dan disc jockey. Dylan bahkan berhasil memprovokasi lahirnya sejumlah genre dalam musik pop, termasuk folk rock dan country rock. Seperti halnya Beatles, Dylan mencampur berbagai jenis musik sehingga hasilnya lebih enak di dengar. Dia adalah vokalis yang sangat berpengaruh sekaligus musisi yang memiliki begitu banyak karakter melalui suaranya. Namun, yang paling mengesankan adalah bagaimana dia dipengaruhi oleh kehidupan yang penuh perubahan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hadiah nobel, Bob Dylan

Sumber : REUTERS
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top