Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bob Dylan Raih Nobel Kesusastraan

Bob Dylan, yang dipandang mewakili suara suatu generasi melalui pengaruh lagu-lagu gubahannya sejak 1960-an dan seterusnya, mendapat hadiah Nobel Kesusastraan, yang merupakan keputusan mengejutkan bahwa seorang penyanyi dan penulis lagu mendapat anugerah budaya yang bergengsi tersebut.
Bob Dylan. /Reuters
Bob Dylan. /Reuters

Bisnis.com, STOCKHOLM -  Bob Dylan, yang dipandang mewakili suara suatu generasi melalui pengaruh lagu-lagu gubahannya sejak 1960-an dan seterusnya, mendapat hadiah Nobel Kesusastraan, yang merupakan keputusan mengejutkan bahwa seorang penyanyi dan penulis lagu mendapat anugerah budaya yang bergengsi tersebut.

Lagu-lagunya yaitu "Blowin' in the Win", "Masters of War", "A Hard Rain's a-Gonna Fall", "The Times They Are a-Changin", "Subterranean Homesick Blues" dan "Like a Rolling Stone", mengungkapkan semangat pemberontakan, kemerdekaan dan penolakan.

"Dylan menjadi ikon. Pengaruhnya pada musik kontemporer sangat mendalam," menurut Akademi Swedia, Kamis, ketika menganugerahkan penghargaan bernilai delapan juta crown atau setara dengan US$930.000 itu.

Selama lebih dari 50 tahun Dylan masih terus mengubah lagu dan sering melakukan pertunjukkan keliling.

"Ia mungkin merupakan penyair hidup yang agung," kata anggota Akademi Swedia, Per Wastberg.

Sara Danius, sekretaris tetap Akademi Nobel mengatakan dalam jumpa pers bahwa keputusan untuk memberi penghargaan bagi Dylan mendapat "kesatuan yang besar" oleh panel.

Kesusastraan merupakan penghargaan Nobel yang paling akhir diberikan tahun ini.

Penghargaan Nobel diberikan dengan mengangkat nama penemu dinamit Alfred Nobel yang dibagikan sejak 1901 untuk perkembangan di bidang ilmu pengetahuan, kesusastraan dan perdamaian, sesuai wasiat dari Nobel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA/REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper