Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Prancis Ingin Perdalam Kemitraan di Energi Terbarukan

Presiden Prancis François Hollande ingin memperdalam kemitraan dengan Indonesia di energi terbarukan.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 29 Maret 2017  |  14:59 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/3). - REUTERS/Darren Whiteside
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan Presiden Prancis Francois Hollande, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/3). - REUTERS/Darren Whiteside

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Prancis François Hollande ingin memperdalam kemitraan dengan Indonesia di energi terbarukan.

Dalam 30 tahun terakhir, ini kali pertama seorang presiden Prancis datang ke Indonesia. Presiden Prancis Hollande diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

"Kami ada komitmen sejak 2012 dan kami ingin memperdalam kemitraan seperti perikanan, pertanian, prasarana, transportasi, dan apa saja yang ada di energi terbarukan," kata Hollande di Istana Negara, Rabu (29/3/2017).

Kerja sama lain yang diperdalam yakni masalah pertahanan. Tanpa menyebut rinciannya, Presiden Hollande mengatakan Prancis dan Indonesia harus memiliki kemandirian di bidang pertahanan, alat, dan personalia. Kemitraan dalam sektor transportasi juga akan dikembangkan. Indonesia selama ini membeli pesawat terbang dari Airbus yang berbasis di Prancis.

"Indonesia merupakan negara kepulauan besar sekali. Kita memutuskan mengembangkan transportasi seperti Airbus. Kita tahu Indonesia selalu membeli dari Prancis dan kita ingin meningkatkan turisme, termasuk di pelabuhan," ujar Presiden Hollande.

Sektor lain yang akan digarap bersama yakni industri kreatif, film, fashion, dan video game.

Di luar bidang ekonomi, Presiden Hollande menilai bahwa Indonesia memperlihatkan kebhinekaan yang toleran dan menjadi ilham bagi Prancis. Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbanyak di dunia, Indonesia dinilai sudah berhasil menjalankan prinsip kebebasan dan toleransi.

"Dengan konsep tersebut, yang berdasarkan cara hidup bersama-sama dan kuat menanggapi terorisme, tanpa ada diskriminasi," ucap Presiden Hollande.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

joko widodo francois hollande presiden prancis
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top