Cara Sederhana Jokowi Bahagiakan Rakyatnya

"Ayo siapa yang hapal Pancasila bisa tunjuk tangan!" kata Presiden Joko Widodo di hadapan ratusan warga Mempawah, Kalimantan Barat pada Sabtu (18/3/2017).
Newswire | 23 Maret 2017 12:32 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan warga setempat saat peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (16/3). Dengan dibukanya pintu perbatasan tersebut Presiden Joko Widodo berharap Indonesia dapat meningkatkan ekspor dan tidak bergantung dengan Malaysia. ANTARA FOTO/HO/Setpres/jhw/wsj - 17.

Kabar24.com, JAKARTA - "Ayo siapa yang hapal Pancasila bisa tunjuk tangan!" kata Presiden Joko Widodo di hadapan ratusan warga Mempawah, Kalimantan Barat pada Sabtu (18/3/2017).

Tanpa ragu, lebih dari 40 tangan terangkat. Mulai dari anak-anak berseragam SD, SMP, SMA hingga ibu-ibu yang menggendong bayinya dan tak lupa bapak-bapak berkemeja rapi sumringah mencoba peruntungan untuk maju menghadap Presiden.

"Kalau di belakang sana sih biasa saja, tapi kalau di depan sini ya grogi, hehehe," tambah Presiden terkekeh sambil mulai menunjuk satu per satu orang untuk maju.

Lantas tidak kurang 5 orang maju dan berupaya sekuatnya melafalkan Pancasila dengan urut dan lengkap. Imbalannya adalah satu sepeda gunung bertuliskan: "Hadiah Presiden Jokowi" bisa langsung dibawa pulang.

Presiden Jokowi memang terkenal kerap membagikan sepeda saat pergi ke berbagai daerah di Indonesia. Biasanya pembagian sepeda itu terjadi saat Presiden secara simbolis juga membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Syaratnya hanya satu, berhasil menjawab dengan benar pertanyaan yang diajukan. Biasanya pertanyaan yang diajukan adalah penyebutan Pancasila, nama-nama provinsi, nama-nama suku bangsa, nama-nama sungai, nama-nama makanan khas, hingga nama-nama ikan.

Sumber : Antara

Tag : jokowi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top