KH HASYIM MUZADI WAFAT: Inilah Jam-Jam Sebelum KH Hasyim Muzadi Meninggal Dunia

Mensos Khofifah mengaku terus memantau kondisi Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kiai Hasyim Muzadi selama dirawat hingga mendapat kabar wafat pada Kamis sekira pukul 06.15 WIB.
Newswire | 16 Maret 2017 12:59 WIB
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Hasyim Muzadi melambaikan tangan kepada wartawan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Senin (16/1/2017). - Antara/Ari Bowo Sucipto

Kabar24.com, JAKARTA - Di antara menteri kabinet pemerintahan Jokowi-JK, Mensos Khofifah Indar Parawansa termasuk yang intens memonitor kondisi kesehatan KH. Hasyim Muzadi.

Mensos Khofifah mengaku terus memantau kondisi Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Kiai Hasyim Muzadi selama dirawat hingga mendapat kabar wafat pada Kamis sekira pukul 06.15 WIB.

"Tiga hari lalu saya masih berkunjung ke RS dan dengan seizin keluarga saya memang minta untuk mendapatkan update kondisi beliau," ujar Khofifah yang berada di rumah duka di kompleks Pondok Pesantren Al-Hikam, Depok Jawa Barat, Kamis (16/3/2017).

Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU itu mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya dari tim rumah sakit yang merawat KH. Hasyim Muzadi, pada Kamis dinihari sekitar pukul 02.30 WIB, kondisi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu masih baik.

"Tadi malam pukul 00.22 saya masih dapat update denyut nadinya bagus, tensinya bagus. Saya mengkonfirmasi jam 2.30 kemudian 3.30 Direktur RS Lavallete mengkonfirmasi bahwa sudah ada penurunan denyut nadi kemudian beliau mengirim full tim dokter dari UGD ke pondoknya KH Hasyim yang ada di Malang," jelas Khofifah.

Khofifah mendapat kabar meninggalnya KH. Hasyim pada pukul 06.26 WIB setelah dokter memastikan almarhum meninggal pada pukul 06.13 WIB.

Khofifah yang seharusnya mendampingi Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri lainnya ke Pontianak Kalimantan Barat, membatalkan kunjungan kerja tersebut dan melawat ke rumah duka.

Tokoh Nasional Ahmad Hasyim Muzadi lahir di Tuban Jawa Timur pada 8 Agustus 1944. KH Hasyim Muzadi wafat di kediamannya di kompleks Ponpes Al-Hikam, Malang, Jawa Timur.

Ia sempat menjalani perawatan intensif di RS Lavalette, Malang, Jawa Timur.

Dalam beberapa kali kunjungan kerja ke Jawa Timur, Khofifah juga selalu menjenguk Hasyim baik ketika di rumah sakit maupun di kediamannya. Pada Minggu (12/3) di sela kunjungan kerja ke Kota Malang, ia menjenguk sang kiai bersama Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi di RS Lavalette.

Sehari sebelum meninggal dunia, Rabu (15/3) Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana menjenguk Hasyim Muzadi  di kediaman Hasyim di Jalan Cengger Ayam, Kota Malang.

Jenazah KH Hasyim Muzadi diterbangkan dari Malang menuju Jakarta, Kamis siang, dan akan dimakamkan di komplek Ponpes Al-Hikam, Kukusan, Beji, Depok, Jawa Barat. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hasyim muzadi, obituari

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top