Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Premium

Historia Bisnis : Pembelaan Gus Sholah untuk Wiranto

03 Februari 2020 | 12:43 WIB
Menarik dari persaingan Pilpres 2004 adalah munculnya calon wakil presiden dari kalangan kiai Jawa Timur yakni Hasyim Muzadi dan Salahuddin Wahid.

Kabar24.com, JAKARTA — Pemilihan Presiden 2004 merupakan catatan sejarah tersendiri bagi Indonesia. Pertama kalinya dalam sejarah bangsa, pemimpin nasional ditentukan langsung oleh rakyat melalui bilik suara.

Setelah era Orde Lama dan Orde Baru, presiden dan wakil presiden dipilih melalui wakil di parlemen. Pilpres 2004 melahirkan euforia tersendiri di tengah masyarakat.

Pada Pilpres 2004, ada lima pasangan calon yang bersaing yakni Amien Rais-Siswono Yudo Husodo, Wiranto-Salahuddin Wahid, Susilo Bambang Yudhoyono-Jusuf Kalla, Megawati Soekarnoputri-Hasyim Muzadi, dan Hamzah Haz-Agum Gumelar.

Menarik dari persaingan Pilpres 2004 adalah munculnya calon wakil presiden dari kalangan kiai Jawa Timur yakni Hasyim Muzadi dan Salahuddin Wahid.

Salahuddin Wahid, kiai karismatik meninggal dunia pada Minggu (2/2/2020) di Jakarta.

Harian Bisnis Indonesia edisi 26 Mei 2004 pernah menurunkan artikel terkait dengan sikap Gus Sholah—panggilan akrab Salahuddin Wahid— yang menerima pinangan Wiranto sebagai calon wakil presiden.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top