Ini Permintaan Terakhir KH Hasyim Muzadi

Kerabat Pendiri Pondok Pesantren Al Hikam Hasyim Muzadi, Ahmad Shodiq, mengungkapkan keinginan Hasyim yang belum tercapai, sebelum meninggal dunia di Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3/2017).
JIBI | 16 Maret 2017 14:00 WIB
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Hasyim Muzadi melambaikan tangan kepada wartawan di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Senin (16/1/2017). - Antara/Ari Bowo Sucipto

Kabar24.com, MALANG - Kerabat Pendiri Pondok Pesantren Al Hikam Hasyim Muzadi, Ahmad Shodiq, mengungkapkan keinginan Hasyim yang belum tercapai, sebelum meninggal dunia di Malang, Jawa Timur, Kamis (16/3/2017).

"Hasyim sangat ingin mengembangkan Ponpes Al Hikam. Bahkan, beliau sangat ingin mengembangkan pesantren Al Hikam di Bogor," kata Shodiq.

Dia menuturkan, Hasyim telah membeli lahan seluas 5 hektare di Bogor, untuk mengembangkan dan membangun cabang Ponpes Al Hikam pada 2016. Sejauh ini, telah ada dua Ponpes Al Hikam di Depok, Jawa Barat dan Malang, Jawa Timur.

"Yang di Depok sudah ada dari tahun 2002," ucapnya.

Hasyim sempat meninjau areal lahan Ponpes Al Hikam di Bogor, bersamanya akhir 2016 lalu. Dia berpesan agar pembangunan Penpes di Bogor, bisa diselesaikan. Hasyim akan berusaha mencari donatur untuk pembangunan Ponpes di kawasan Iwul, Kabupaten Bogor.

Dikatakan, hanya satu keinginan Hasyim, sebelum dia tutup usia, yang sempat didengarnya secara langsung.

"Beliau ingin membangun pesantren mahasiswa, agar banyak menciptakan hafidz (penghapal Al Quran)," ujarnya.

Dengan dibangunnya pesantren untuk mahasiswa, menurut Hasyim yang diutarakan ke Shodiq, membuat para ulama tidak mengamen, dan tidak keliling-keling saja.

"Beliau ingin membuka link untuk ulama agar diakui," ucapnya.

Bahkan, Hasyim ingin membuat legalisasi atau formalitas bagi para penghapal Al Quran. Dengan adanya formalitas tersebut, para penghapal Al Quran punya sertifikasi, dan tercatat secara administrasi di lembaga atau institusi pendidikan.

"Itu cita-citanya ingim punya formalitas bagi penghapal Al Quran," ucapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hasyim muzadi

Sumber : Tempo
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top