HASYIM MUZADI MENINGGAL : Ulama Peduli Kerukunan

Anggota Dewan Perrtimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi menjadi salah satu ulama yang sangat peduli dengan kerukunan dan keberagaman yang ada di Indonesia.
Lili Sunardi | 16 Maret 2017 11:42 WIB
Sejumlah santri dan pelayat melakukan salat jenazah KH Hasyim Muzadi di Pondok pesantren Al Hikam, Cenggerayam, Malang, Jawa Timur, Kamis (11/3). - Antara/Ari Bowo Sucipto

Kabar24.com, JAKARTA - Anggota Dewan Perrtimbangan Presiden KH Hasyim Muzadi menjadi salah satu ulama yang sangat peduli dengan kerukunan dan keberagaman yang ada di Indonesia.

Lukman Hakim Saiduddin, Menteri Agama, mengatakan, KH Hasyim Muzadi adalah seorang negarawan yang sangat peduli dengan persoalan kerukunan dan keberagaman di Indonesia. KH Hasyim Muzadi sangat peduli dengan isu menjadikan Indonesia sebagai negara yang religius dan rukun dengan keberagamannya.

“Beliau banyak berbicara tentang bagaimana kedamaian dan kerukunan antar-umat beragama senantiasa dirawat dengan baik,” katanya, Kamis (16/3/2017).

Lukman menuturkan, KH Hasyim Muzadi juga adalah seorang tokoh yang ahli dalam menjabarkan ilmu, ide, dan pemikirannya, sehingga dapat dipahami oleh seluruh masyarakat. Juga, selalu dapat menempatkan dirinya sesuai dengan lingkungannya, dan selalu diterima oleh pihak manapun.

Menurutnya, meninggalnya KH Hasyim Muzadi meninggalkan duka dan kehilangan yang sangat mendalam bagi Indonesia. Keteladanan sikap KH Hasyim Muzadi akan menjadi cotoh baik dakam membangun kerukunan di dalam negeri.

KH Hasyim Muzadi yang juga mantan Ketua Umun Pengurus Besar Nahdlatul Ulama wafat pada 16 Maret 2017 pada pukul 06.15 WIB di Malang. Jenazah almarhum rencananya akan diberangkatkan ke Pesantren Al-Hikam Depok dari Malang, untuk disalatkan.

Presiden Joko Widodo juga sempat menjenguk KH Hasyim Muzadi pada 15 Maret 2017 di kediamannya Jl Cengger Ayam, Malang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hasyim muzadi

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top