Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wikileaks Bongkar Rahasia CIA. Hampir 9.000 Dokumen Dibocorkan

Agen Badan Intelijen AS, CIA, ternyata mampu mengubah televisi menjadi alat dengar, menjebol enkripsi rahasia melalui berbagai aplikasi, dan bahkan mengontrol kendaraan Anda.
Logo CIA/wikileaks.org
Logo CIA/wikileaks.org

Kabar24.com, JAKARTA—Agen Badan Intelijen AS, CIA, ternyata mampu mengubah televisi menjadi alat dengar, menjebol enkripsi rahasia melalui berbagai aplikasi, dan bahkan mengontrol kendaraan Anda.

Demikian diungkapkan Wikileaks merujuk pada ribuan dokumen rahasia yang mulai dipublikasikan hari ini. Wikileaks merilis hampir 9.000 dokumen yang disebutkan diperoleh dari Central Intelligence Agency (CIA). Publikasi itu disebutnya sebagai pemaparan atas materi rahasia terbesar yang pernah ada selama ini.

Dokumen itu juga dilaporkan telah beredar di kalangan mantan agen rahasia pemerintah secara ilegal dan dikategorikan dalam WikiLeaks sebagai arsip.

Jonathan Liu, seorang juru bicara CIA mengatakan bahwa pihaknya tidak bisa berkomentar atas keaslian atau isi dokumen intelijen yang telah beredar tersebut. Sejumlah pakar yang mulai mempelajari materi itu menyebutkan bahwa dokumen itu tampaknya asli.

Dokumen dengan nama Vault 7 by WikiLeaks, menyebutkan bahwa CIA telah mengembangkan sebuah alat peretas untuk memantau telepon seluler agar bisa diawasi. Akan tetapi kemudian teknologi itu menjadi kebablasan sehingga hilang kendali.

Jika CIA benar-benar hilang kendali atas teknologi tersebut maka para peretas di seluruh dunia bisa menggunakan alat itu untuk mencuri data.

Edward McAndrew, seorang pengacara khusus bidang keamanan siber mengatakan bahwa bocornya rahasia CIA akan menjadi isu besar karena teknologi itu bisa saja berada di tangan pihak yang tidak tepat.

"Apa yang kami dengar dari Wikileaks adalah bahwa sejumlah alat berada di luar kendali CIA,” ujarnya sebagaimana dikutip Aljazeera.com, Rabu (8/3/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Aljazeera.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper