Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Presiden Duterte Siap Mundur Jika Terbukti Menimbun Kekayaan Ilegal

Presiden Filipina Rodrigo Duterte siap mundur dari jabatannya jika terbukti meraup kekayaan dengan ilegal.
Rodrigo Duterte/Reuters
Rodrigo Duterte/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte siap mundur dari jabatannya jika terbukti meraup kekayaan dengan ilegal.

Seperti dilansir Bloomberg (Jumat, 17/2/2017), Duterte menyatakan siap mengundurkan diri apabila lawan politiknya dapat membuktikan tuduhan bahwa ia secara ilegal telah menimbun 2 miliar peso (US$40 juta).

Senator Antonio Trillanes, yang memberi pengaduan atas penjarahan oleh Duterte selama kampanye presiden tahun lalu, juga mengatakan bahwa Duterte telah gagal membuka transaksi bank senilai 321 juta peso dari istri dan putrinya.

“Jika Trillanes bisa membuktikan tuduhan bahwa saya telah mengumpulkan 2 miliar secara ilegal atau jika rekening bank atas nama saya memiliki total dana dalam satu waktu senilai setengah miliar, saya akan segera mengundurkan diri sebagai presiden,” ucap Duterte dalam pidatonya yang diposting pada laman facebook kantor komunikasi kepresidenan.

Ia pun menyebut tuduhan yang ditujukan kepadanya “tua dan membosankan”.

Trillanes menantang Duterte untuk membuka rekening banknya kepada publik. Meski demikian, sang senator tidak mengatakan tindakan apa yang akan ia ambil jika Duterte mengabaikan permintaannya.

Dalam pidatonya pada Kamis malam, Duterte menegaskan bahwa keluarganya tidak miskin dan bahwa ayahnya meninggalkan dia warisan. Sang istri, Honeylet Avancena, mendirikan bisnis donat 18 tahun lalu serta memasok daging untuk lima mall di Davao.

Putrinya, Walikota Davao Sara Duterte, bahkan menantang Trillanes untuk menunjukkan di mana dana itu tersimpan dan bagaimana ketidaksahannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper