Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Indonesia 13 Februari, Seksi Utama: Pembiayaan Swasta di Infrastruktur Membesar

Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Senin, 13 Februari 2017. Seksi Utama, peran pembiayaan sasta di infrastruktur membesar.
Bisnis Indonesia cetak Edisi Senin, 13 Februari 2017 Seksi Utama/epaper.bisnis.com
Bisnis Indonesia cetak Edisi Senin, 13 Februari 2017 Seksi Utama/epaper.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Senin, 13 Februari 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silakan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. SKEMA PEMBIAYAAN INFRASTRUKTUR: Peran Swasta Kian Besar
Pemerintah perlu lebih agresif menggali skema-skema baru pendanaan alternatif untuk mempercepat penyelesaian sejumlah proyek infrastruktur, terutama dengan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi swasta.

PERUBAHAN STATUS FREEPORT: ‘Kado’ di Tengah Negosiasi
Kejutan demi kejutan muncul dalam perjalanan panjang hubungan pemerintah dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). Akhir pekan lalu, lembaran baru untuk keduanya dimulai.

PERSPEKTIF: Menggali Sumber Pendanaan Infrastruktur
Infrastruktur merupakan penggerak pertumbuhan ekonomi dan sekaligus pembentuk struktur ruang, sehingga menjadi penjuru pengembangan wilayah untuk menyeimbangkan pembangunan dan menyatukan seluruh wilayah nasional.

Hal 2. Penguatan Operasi Moneter& Suku Bunga
Selama 2014-2016, turun drastisnya inflasi dan suku bunga acuan tidak terefleksi dalam suku bunga perbankan. Rerata tahunan inflasi 2016 sudah turun 289 bps ke 3,5% dibanding 2014. Ruang disinflasi sebesar itu direspons dengan turunnya suku bunga acuan BI 175 bps. Namun di periode yang sama, JIBOR 3-bulan hanya turun 70 bps menjadi rerata 7,2% di akhir 2016.
ADRIAN PANGGABEAN DAN MIKA MARTUMPAL, Chief Economist dan Economist PT Bank CIMB Niaga Tbk.

Hal 3. ATURAN PERMODALAN: Gairah Bisnis Penerbangan
Syarat kepemilikan modal bagi operator penerbangan dilonggarkan. Komponen modal kerja nantinya dapat diperhitungkan sebagai bagian modal sehingga memberi ruang bagi maskapai penerbangan melakukan ekspansi.

Hal 4. PERTUMBUHAN EKONOMI: Jeli Memacu Daya Beli
Peningkatan daya beli masyarakat masih menjadi agenda klasik yang harus dijalankan pemerintah sebagai upaya menjaga momentum pertumbuhan ekonomi nasional.

Hal 5. KOREKSI TAX BUOYANCY: Butuh Ekstra Reformasi
Perekonomian tahun lalu tercatat sedikit membaik jika dibandingkan tahun sebelumnya. Ironisnya, di balik perbaikan tersebut, elastisitas penerimaan pajak terhadap laju produk domestik bruto justru kembali mengerut.

Hal 6. BISNIS FINTECH: Telkomsel Siap Gaet 2 Bank BUMN
PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) kembali berencana menggandeng dua BUMN sektor perbankan untuk lebih menggenjot layanan fi nancial technologi (fi ntech) menjadi sembilan juta pengguna pada tahun ini.

Hal 7. JALAN TOL BALIKPAPAN-SAMARINDA: Pembebasan Lahan Tuntas April
Keseluruhan pembebasan lahan jalan tol Balikpapan-Samarinda ditargetkan selesai pada April tahun ini.

Hal 8. PENANAMAN MODAL: Sumsel Incar Rp21 Triliun
Sumatra Selatan menargetkan investasi tahun ini bisa mencapai Rp21 triliun atau meningkat 16% dibandingkan dengan target 2016 yang senilai Rp18 triliun.

Hal 9. KEMUDAHAN PERIZINAN INVESTASI: Daerah Didorong Tunjuk Administrator
Pemerintah pusat mendorong pemerintah daerah untuk mempercepat perizinan investasi melalui pendelegasian wewenang ke tenaga administrator.

Hal 10. REFLEKSI SETAHUN GUBERNUR JAMBI ZUMI ZOLA: Tak Sekadar Mencak-mencak
Zumi Zola Zulkifli dan Fachrori Umar mula-mula dihadapkan dengan beragam persoalan berat untuk mengawal pembangunan di Provinsi Jambi. Setahun berselang, tantangan itu pelan-pelan telah dikonversi menjadi peluang.

Hal 11. IKLAN

Hal 12. PILKADA DKI: Skenario Hasil Kontestasi di Batavia
Barangkali Pilkada DKI Jakarta 2017 akan tercatat menjadi yang terpanas dan terdramatis dalam sejarah pemilihan gubernur secara langsung di negeri ini. Betapa tidak?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ahmad Yusuf
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper