Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB DKI 2017: Prabowo Memihak Ahok? Ada Kemungkinan

Pengamat politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, ada kemungkinan Prabowo Subianto akan beralih dukungan pada pasangan cagub petahana bila pasangan yang diusung Gerindra, yakni Anis Baswedan dan Sandiaga Uno tidak lolos putaran kedua.
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum DPP Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto seusai memberikan keterangan pers di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/11)./Antara-Widodo S. Jusuf
Presiden Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum DPP Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto seusai memberikan keterangan pers di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/11)./Antara-Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan, ada kemungkinan Prabowo Subianto akan beralih dukungan pada pasangan cagub petahana bila pasangan yang diusung Gerindra, yakni Anis Baswedan dan Sandiaga Uno tidak lolos putaran kedua.

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta tinggal menghitung hari. Dinamika politik kian hangat terutama arus dukungan masyarakat terhadap ketiga pasangan calon  (Agus-Sylvi, Ahok-Djarod, dan Anis-Sandi).

Ramses mengatakan, peta politik khususnya dukungan pemilih terhadap masing-masing pasangan calon sudah bisa dilihat dari hasil survei lembaga-lembaga survei selama ini.

Peta dukungan pemilih ini tidak akan mengalami perubahan secara signifikan menjelang hari pencoblosan 15 Februari mendatang. Pasalnya dukungan pemilih sudah mengecerut dan dukungan ini hampir pasti tidak mengalami kelenturan luas biasa.

"Kalau mengacu pada hasil survei akhir-akhir ini menunjukan tidak ada satu calon pun yang mampu meraih dukungan di atas 50 persen. Itu artinya pilkada DKI Jakarta akan berlangsung dua putaran," kata Ramses dalam keterangan resmi, Sabtu (11/2/2017)

Apabila pilkada DKI berlangsung dua putaran maka ada beberapa analisa menarik yang dapat dipaparkan khususnya terkait peralihan dukungan para tokoh yang saat ini masih berusaha mememangkan jagoannya masing-masing.

Pertama, kata Ramses, jika pasangan Anis-Sandi kalah pada putaran pertama maka kemungkinan besar Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Prabowo Subianto akan bersekutu dengan pasangan Ahok-Djarot ketimbang memenangkan Agus-Sylvi pada putaran kedua.

"Mengapa Prabowo lebih mendukung Ahok-Djarot? Iya sosok Ahok yang banyak mendapat dukungan dan simpati masyarakat Indonesia menjadi salah satu indikator penting yang dilihat Prabowo mengalikan dukungan politiknya. Prabowo tentunya ikut bertarung dalam Pilpres 2019. Jika Prabowo tidak mau kehilangan simpati publik Indonesia pilihan terbaiknya bersekutu dengan pasangan Ahok-Djarot pada putaran kedua," jelas Ramses.

Analisa kedua, lanjut Ramses, jika pasangan Anis-Sandi kalah maka Prabowo bisa saja memilih diam atau mengambil posisi netral pada putaran kedua. Sikap netral ini, sikap di mana tidak mengarahkan pendukung untuk memilih salah satu calon tapi membiarkan pendukung memilih sesuai selera mereka masing-masing.

"Bila Prabowo memutuskan pilihan pada sikap netral, tentunya mendapat simpati publik Indonesia meskipun tidak signifikan", paparnya.

Lebih jauh Dosen Komunikasi Politik Universitas Mercu Buana ini menjelaskan, ketiga pasangan calon baik Agus-Sylvi, Ahok-Djarot, dan Anis-Sandi masih memiliki peluangan besar meraih simpati publik untuk menentukan pilihan terutama pasca debat putaran ketiga Jumat, (10/2/2017).

Namun, arus dukungan ini tidak mengalami perubahan siginifikan mengingat dukungan makin mengerucut setiap pasangan calon. Paslon 1 dan 3 tentu bekerja lebih kencang untuk mendapat tiket putaran kedua jika survei akhir-akhir ini menjadi referensi penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper