Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI JERMAN: Ditopang Permintaan Barang Modal, Pesanan Industri Meroket

Pesanan industri Jerman mencatatkan kenaikan bulanan terbesar dalam sekitar dua setengah tahun, ditopang oleh permintaan yang lebih tinggi untuk barang modal.
Manufaktur Jerman./.Reuters
Manufaktur Jerman./.Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pesanan industri Jerman mencatatkan kenaikan bulanan terbesar dalam sekitar dua setengah tahun, ditopang oleh permintaan yang lebih tinggi untuk barang modal.

Menurut pernyataan Kementerian Ekonomi, seperti dilansir Reuters (Senin, 6/2/2017), kontrak pembelian untuk barang-barang yang dibuat di Jerman naik 5,2% pada Desember.

Kenaikan tersebut adalah yang terbesar secara bulanan sejak Juli 2014 sekaligus jauh lebih baik dari prediksi dalam konsensus Reuters dengan kenaikan hanya sebesar 0,5%.

Sementara itu, permintaan domestik melonjak 6,7% dan pesanan luar negeri naik 3,9%, dengan tingkat pemesanan dari negara-negara zona Eropa yang melesat 10%.

“Hal ini mengisyaratkan kemajuan yang berlanjut pada sektor industri selama musim dingin,” jelas pihak kementerian.

Kenaikan secara keseluruhan didorong oleh lonjakan pada permintaan untuk barang modal sebesar 9,7%, ditopang oleh kuatnya pemesanan dari konsumen domestik dan negara-negara zona Eropa.

Data ekonomi yang lebih kuat dari prediksi tersebut memberikan optimisme bahwa kemajuan ekonomi Jerman akan terjadi sepanjang 2017 meski di sisi lain terdapat ketidakpastian politik yang tumbuh seperti agenda perdagangan proteksionis AS.

 “Meski terdapat ketidakpastian politik, ekonomi Jerman menunjukkan perkembangan yang lebih kuat,” ujar Ekonom Sal. Oppenheim, Ulrike Kastens, seraya menambahkan bahwa data tersebut menggambarkan pemulihan ekonomi secara menyeluruh di zona Eropa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper