Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Indonesia 2 Februari, Seksi Utama: Manufaktur Menggeliat

Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Kamis, 2 Februari 2017. Seksi Utama, industri manufaktur menggeliat.
Bisnis Indonesia cetak Edisi Kamis, 2 Februari 2017 Seksi Utama/epaper.bisnis.com
Bisnis Indonesia cetak Edisi Kamis, 2 Februari 2017 Seksi Utama/epaper.bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ringkasan headlines Bisnis Indonesia edisi cetak Kamis, 2 Februari 2017. Untuk menyimak lebih lanjut, silakan kunjungi http://epaper.bisnis.com/

Seksi Utama

Hal 1. KINERJA INDUSTRI: Manufaktur Menggeliat 
Sinyal kebangkitan industri manufaktur mulai muncul seiring dengan kenaikan Nikkei Indonesia Manufacturing Purchasing Manager Index ke level 50, pertama kali dalam 5 bulan terakhir.

VARIABLE RATE TENDER: Acuan Baru Butuh Waktu 
Kebijakan Bank Indonesia mengubah skema penetapan bunga operasi pasar terbuka dari fix rate menjadi variable rate diproyeksikan belum akan berimbas pada penurunan suku bunga simpanan dan bunga kredit dalam jangka pendek.

Hal 2. OPINI:Tantangan Pekerjaan yang Terotomasi 
JOHAN AURIK Managing Partner dan Chairman A.T. Kearney 
Teknologi disruptif kini mendikte masa depan kita, seiring dengan adanya inovasi baru yang semakin mengaburkan batas antara dunia fisik, digital dan biologis. Sekarang sudah ada robot yang dipergunakan di ruang operasi dan restoran cepat saji; kita sekarang bisa menggunakan pencitraan 3D dan melakukan ekstraksi stem cell untuk membuat tulang manusia dari sel pasien itu sendiri; dan teknologi pencetakan 3D juga telah menciptakan siklus ekonomi dimana kita bisa berulang kali menggunakan bahan mentah.

Hal 3. PENGENDALIAN INFLASI: Tarif Listrik Dikaji Ulang 
Pemerintah akan mengkaji ulang rencana penyesuaian tarif listrik yang bakal dilakukan tiap 2 bulan sekali untuk golongan 900 VA guna menekan laju infl asi.

Hal 4. PENGELUARAN PENDUDUK: Ketimpangan Pendapatan Menciut 
Kinerja perekonomian yang masih di bawah harapan sepanjang tahun lalu dinilai ikut menyebabkan perbaikan ketimpangan pendapatan di Indonesia bergerak lamban.

Hal 5. SEPUTAR AMNESTI PAJAK:POTENSI DAERAH Kekayaan dan Kepatuhan Wajib Pajak 
Besarnya ekonomi suatu daerah terlihat seakan berbanding lurus dengan tingginya ketidakpatuhan wajib pajak di dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.

Hal 6. PEMENUHAN TKDN PONSEL :Menanti Sikap Tegas Pemerintah 
Regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk ponsel 4G LTE yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) ternyata masih belum sepenuhnya dipenuhi vendor smartphone.

Hal 7.PENYEDIAAN INFRASTRUKTUR: Jumlah Proyek Bertambah 
Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas menyatakan bahwa jumlah proyek baru yang akan ditetapkan menjadi proyek strategis nasional kemungkinan bertambah dari yang dipetakan sebelumnya sebanyak 30 proyek potensial.

Hal 8. PENYERAHAN ASET SWASTA: Perda CSR Jadi Acuan Pencatatan 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan DPRD DKI sepakat dengan rencana penyusunan Perda Pengelolaan CSR sebagai dasar hukum dan acuan perbaikan standar pencatatan aset pihak swasta yang diserahkan untuk Jakarta.

Hal 9. KINERJA INDUSTRI: Manufaktur di Sejumlah Daerah Masih ‘Krisis 
Industri manufaktur Sumatra Utara mengklaim hingga kini masih mengalami krisis pasokan listrik dan gas. Sementara itu, pertumbuhan produksi manufaktur besar sedang di Sumatra Selatan dan Bali minus.

Hal 10. LUNCH WITH CEO: DIREKTUR UTAMA PT ALKINDO NARATAMA TBK. HERWANTO SUTANTO 'Problem Itu Sudah Biasa...' 
Berbisnis dengan memilih ceruk pasar (niche market) tertentu tidaklah mudah. Apalagi menghadapi tantangan eksternal yang kian tak pasti membutuhkan kegigihan seorang CEO dalam memandu bisnisnya agar terus bertumbuh. Salah satu perusahaan yang bergelut cukup lama di segmen niche market ini adalah PT Alkindo Naratama Tbk. (ALDO) yang bergerak di bidang usaha industri kertas konversi. Bagaimana kondisi dan peta persaingan di industri hilir kertas ini? Bisnis secara khusus mewawancarai Direktur Utama PT Alkindo Naratama Tbk. Herwanto Sutanto baru-baru ini.

Hal 11.SENGKETA UTANG: BUVA Lolos dari Pailit 
Pengadilan Niaga Jakarta Pusat memenangkan pengembang properti PT Bukit Uluwatu Villa Tbk. dalam perkara permohonan pailit yang diajukan PT Monroe Consulting Group.

Hal 12. KASUS PENISTAAN AGAMA Ahok Bikin Geger Lagi 
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ‘gerah’ atas tudingan dirinya berada di balik fatwa penista - an agama yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) terhadap Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper