Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Fase Baru Kerja Sama Keamanan Australia-RI

Australia mengumumkan tonggak kerja sama Australia dengan Indonesia mengenai masalah keadilan dan keamanan, yaitu Kemitraan Australia Indonesia untuk Keadilan Fase II (AIPJ II).
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 02 Februari 2017  |  17:41 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop, Jaksa Agung Australia George Brandis, dan Menteri Kehakiman Australia Michael Keenan hari ini mengumumkan tonggak kerja sama Australia dengan Indonesia mengenai masalah keadilan dan keamanan, yaitu Kemitraan Australia Indonesia untuk Keadilan Fase II (AIPJ II).

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (2/2/2017) Bishop mengatakan AIPJ II menyadari tantangan bersama yang dihadapi oleh kedua negara. Pihaknya pun melihat adanya peluang yang dimiliki kedua negara untuk berkolaborasi lebih dekat guna mengatasi tantangan-tantangan tersebut.

Pengumuman AIPJ II, senilai hingga 40 juta dolar Australia selama lima tahun dari 2017 hingga 2021, menyusul suksesnya pertemuan ketiga, Dewan Menteri Australia-Indonesia dalam Bidang Hukum dan Keamanan di Jakarta hari ini.

Sementara itu, Brandis menuturkan setelah adanya diskusi pagi ini mengenai kerja sama Australia-Indonesia dalam masalah hukum dan keamanan, pengumuman kemitraan baru ini menunjukkan komitmen pemerintah Australia untuk bekerja sama lebih erat di semua tingkat pemerintahan.

"AIPJ II akan mendukung lembaga-lembaga penting Australia dan Indonesia untuk melanjutkan kerja sama yang erat di bidang hukum, keadilan, dan keamanan, seperti kerja sama penting antara Kepolisian Federal Australia dengan Kepolisian Republik Indonesia, dan kolaborasi antara Mahkamah Agung Australia dan Mahkamah Agung Republik Indonesia," ujarnya.

AIPJ II akan membangun Kemitraan Australia-Indonesia bagi Keadilan yang pertama, termasuk dengan memberikan bantuan kepada lembaga-lembaga peradilan di Indonesia, meningkatkan kapasitas untuk mengadili pencucian uang dan kasus penyitaan aset pidana, dan mengembangkan kapasitas investigasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia.

Pemerintah Australia senang dapat terus bermitra dengan Indonesia dalam upaya bersama melawan ekstremisme kekerasan di masyarakat, termasuk mengembangkan dan berbagi contoh terbaik dalam tantangan propaganda teroris, dan membangun program pengalihan dan rehabilitasi yang sukses, terutama di penjara.

Australia juga menyambut kerja sama yang berkelanjutan dengan Indonesia untuk mengatasi kejahatan transnasional dan meningkatkan akses terhadap keadilan dan layanan hukum.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ri-australia
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top