Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendikbud Minta Kementerian PUPR Segera Bangun Sekolah Aceh

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) segera membangun sekolah yang rusak akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy./Antara
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy./Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) segera membangun sekolah yang rusak akibat gempa di Pidie Jaya, Aceh.

"Saya mengharapkan Kemen-PUPR segera menuntaskan pembangunan ruang kelas sementara dan memulai pembangunan gedung sekolah permanen, sehingga Kemdikbud dapat memenuhi kewajiban menyediakan mebeler dan alat pembelajaran yang dibutuhkan ruang-ruang kelas nanti. Gedung sekolah yang baru nanti harus lebih baik dari yang lama," ujar Mendikbud dalam siaran pers di Jakarta, Senin (2/1/2017).

Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa pembangunan ruang kelas darurat dan gedung permanen menjadi tanggung jawab Kemen-PUPR dengan anggaran dari BNPB, sedangkan Kemendikbud bertanggung jawab untuk menyediakan mebeler dan peralatan pembelajaran.

Dalam kunjungan ke Pidie Jaya, Mendikbud melihat langsung proses belajar mengajar yang sudah berlangsung di tenda-tenda darurat sekaligus memeriksa perkembangan pembangunan sekolah darurat.

Saat kunjungan tersebut, Mendikbud didampingi Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Hamid Muhammad, Direktur Pembinaan SD Wowon Wirdiyat, dan Direktur Pembinaan Pendidikan dan Layanan Khusus Renani Pantjastuti, Staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan Alpha Amirrachman, dan Staf Khusus Mendikbud Bidang Hubungan Antar Lembaga, Fajar Riza Ul Haq.

Mendikbud mengunjungi dan berbicara dengan siswa SDN Jiem Jiem, SMPN 3 Bandar Baru, TK Al Hidayah, SDN Jalan Rata, SMK Kesehatan Putra Nanggroe, dan SMAN 1 Trienggadeng.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang tersebut disambut dengan gembira oleh guru dan siswa di sekolah-sekolah tersebut, walaupun mereka harus melaksanakan proses belajar mengajar di tenda-tenda darurat karena ruang-ruang kelas sementara masih dalam proses pembangunan oleh Kemen-PUPR.

Mendikbud juga mengharapkan bagi sekolah-sekolah yang rusak ringan agar betul-betul mengajak siswanya kembali ke sekolah. "Karena itu penyembuhan trauma dan bimbingan psikososial penting dan akan terus dilakukan oleh Kemendikbud," kata Mendikbud lagi.

Sejauh ini sudah didirikan 170 tenda pada 68 titik lokasi sekolah. Sebanyak 158 ruang kelas sementara juga sedang dibangun di 28 titik lokasi sekolah yang rusak berat.

"Saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada guru dan siswa dengan semangat tinggi kembali ke sekolah walaupun dengan berbagai keterbatasan," kata Muhadjir.

Kepala Sekolah SDN Jalan Rata Hamdiah mengatakan para siswa tetap gembira walaupun terpaksa belajar di bawah tenda, serta guru-guru juga tetap semangat untuk mengajar.

Harapan senada diutarakan Kepala Sekolah SMPN 3 Bandarbaru Rusli yang mengharapkan dapat segera pindah dari tenda ke gedung yang layak.

Hasil pemantauan tim Kemendikbud terkait kerusakan sarana dan prasarana pendidikan dan kebudayaan dilaporkan terdapat 65 sekolah yang mengalami kerusakan, terdiri dari 35 sekolah dasar (SD), 11 sekolah menengah pertama (SMP), 13 sekolah menengah atas (SMA), dan 6 sekolah menengah kejuruan (SMK).

Selain itu, terdapat juga 81 fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD) mengalami kerusakan sarana dan prasarana dengan tingkat kerusakan sedang dan berat.

Mendikbud memaparkan rencana pemenuhan kebutuhan bantuan usai gempa Aceh dengan total anggaran sekitar Rp68,2 miliar, rinciannya pada tahun 2016 akan disalurkan sebesar Rp25,8 miliar, dan tahun anggaran 2017 dialokasikan sebesar Rp42,4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper