Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Sekjen Nasdem Bebas

Mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella, Kamis dinyatakan bebas dari penjara kuroptor di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 A Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.
Mantan Sekjen Partai Nasional Demokrat (NasDem) Patrice Rio Capella/Antara
Mantan Sekjen Partai Nasional Demokrat (NasDem) Patrice Rio Capella/Antara

Kabar24.com, BANDUNG -  Mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella, Kamis dinyatakan bebas dari penjara kuroptor di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 A Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Pada Kamis pagi terpidana yang sudah menjalani hukuman itu mendapat persetujuan bebas dari Kakanwil Kemenkumham Jabar berdasarkan persetujuan Ditjen Pas Kemenkumham," kata Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Dedi Handoko di Bandung, Kamis [22/12/2016].

Saat meninggalkan Lapas Klas 1 A Sukamiskin Bandung, Rio Capella langsung disambut oleh ratusan anggota organisasi kemasyarakatan yakni XTC.

Rio Capella saat menjabat Sekjen Partai Nasdem tersangkut kasus sogok penanganan perkara Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti.

Terpidana korupsi yang menerima sogok Rp200 juta melalui temannya Fransisca Insani Rahesti pada 21 Desember 2015 divonis hakim 1,5 tahun penjara.

Putusan itu lebih rendah daripada tuntutan jaksa penuntut umum KPK yang meminta agar Rio Capella divonis 2 tahun penjara ditambah denda Rp50 juta subsider 1 bulan kurungan karena menerima Rp200 juta berdasarkan dakwaan dari Pasal 11 UU 31/1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Rio Capella terbukti telah menerima uang dari Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti melalui Fransisca Insani Rahesti sebesar Rp200 juta untuk memudahkan pengurusan penghentian perkara Kejaksaan Agung mengingat Jaksa Agung juga berasal dari Partai Nasdem.

Perkara tindak pidana korupsi itu berupa dana bantuan sosial (bansos), bantuan daerah bawahan (BDB), bantuan operasional sekolah (BOS), tunggakan dana bagi hasil (DBH), dan penyertaan modal pada sejumlah BUMD pada Pemerintah Provinsi Sumatra Utara yang ditangani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper