Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GEMPA ACEH: Polisi Kirim 500 Personel

Kepolisian Negara Republik Indonesia mengerahkan 500 personel ke Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam untuk penanganan evakuasi korban gempa yang terjadi Rabu (7/12/2016) pagi.
Polisi Gelar Pasukan. /Antara
Polisi Gelar Pasukan. /Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kepolisian Negara Republik Indonesia mengerahkan 500 personel ke Kabupaten Pidie Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam untuk penanganan evakuasi korban gempa yang terjadi Rabu (7/12/2016) pagi.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan bantuan personel yang dikerahkan berasal dari Polres Bireuen 40 personel dan Polres Aceh Besar 40 personel.

"Kemudian Direktorat Sabhara Polda Aceh sebanyak 120 personel, Brigade Mobile Polda Aceh 300 personel, dan ada juga bantuan dari Bidang Kedokteran Kesehatan (Biddokkes) Polda Aceh dan Sumut," kata Martinus di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Martinus juga mengatakan, Polri telah berkoordinasi dengan satuan TNI dan pemda membentuk posko bencana.

Gempa 6,5 Skala Richter (SR) yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dan sekitarnya Rabu (7/12/2016) pagi, menewaskan lebih dari 90 orang dan melukai 200 orang lebih.

Berdasarkan analisis BMKG, jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Berdasarkan peta tatanan tektonik Aceh tampak bahwa di zona gempa bumi memang terdapat struktur sesar mendatar.

Hal itu sesuai dengan hasil analisis BMKG yang menunjukkan, bahwa gempa bumi Pidie Jaya dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper