Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhan Targetkan 100 Juta Kader Bela Negara

Kementerian Pertahanan menyebutkan, Indonesia menargetkan 100 juta kader bela negara yang militan melalui pelatikan dan pendidikan bela negara hingga 2024.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, TARAKAN--Kementerian Pertahanan menyebutkan, Indonesia menargetkan 100 juta kader bela negara yang militan melalui pelatikan dan pendidikan bela negara hingga 2024.

Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan, Mayjen Hartind Asrin di Tarakan melalui keterangan tertulis, Sabtu menjelaskan, pihaknya senantiasa menciptakan militansi atau membangun karakter negara dan masyarakat melalui pendidikan bela negara.

Pembangunan karakter bangsa dan pemahaman nilai-nilai perspektif pertahanan negara sangat penting diketahui masyarakat. Kita targetkan mencapai 100 juta militansi seluruh Indonesia, kata dia.

Seiring dengan itu Kementerian Pertahanan melakukan Kursus Singkat Manajemen Pertahanan Negara Mobile Paket Program Bela Negara di Kota Tarakan dengan melibatkanunsur TNI, Polri, ONS, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, LSM, tokoh agama dan tokoh adat serta akademisi.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara telah menekankan, setiap warga negara berhak dan wajib melaksanakan bela negara.

"Membela negara itu menjadi kewajiban dan hak kita semua, siapapun itu sebagai masyarakat Indonesia demi keutuhan NKRI. Kita seyogaynya menjiwai dan cinta tanah air dalam rangka menjamin kelangsungan hidup bernegara ," ujar Hartind Asrin.

Ia menekankan, rakyat Indonesia perlu bersikap dan berprilaku cinta kepada tanah airnya. Oleh karena itu peran dan tanggungjawab pemerintah daerah dalam mewujudkan perspektif bela negara melalui geraklan nasional ini.

Target 100 juta militansi tersebut, kata dia, hingga 2024 sementara hingga sekarang ini baru sekitar 60 juta yang telah mengikuti pendidikan bela negara seluruh Indonesia.

"Kita konsen menanamkan sikap nasionalisme dan patriotisme kepada masyarakat supaya muncul karakter militansi untuk membela negara Indonesia," tegas Hartind Asrin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper