Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DEMO 25 NOVEMBER: Kabareskrim, Ada Upaya Makar

Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan pihaknya menerima laporan dari masyarakat mengenai upaya pemakzulan atau makar dalam unjuk rasa.
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto./Antara
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto./Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian RI Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan pihaknya menerima laporan dari masyarakat mengenai upaya pemakzulan atau makar dalam unjuk rasa.

"Kami sudah mulai penyelidikan," ucap Ari di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Rabu (23/11/2016).

Ari enggan membeberkan identitas pelapor. Dia berujar, laporan itu berhubungan dengan Pasal 204 dan 207 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Pasal itu mengenai penghinaan terhadap penguasa atau badan umum.

Menurut Ari, dalam rencana demonstrasi 25 November itu, jelas terjadi upaya makar.

"Itu jelas nyata, semua bisa melihat, semua bisa mendengar. Tapi kan tetap prosesnya sama. Kami melakukan penyelidikan dulu," ujarnya.

Pada Senin lalu, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengendus upaya makar dari sejumlah kelompok masyarakat terhadap pemerintah Presiden Joko Widodo.

Indikasinya, ada pertemuan-pertemuan beberapa tokoh untuk menggerakkan massa dan melakukan makar dalam demonstrasi besar-besaran di gedung Dewan Perwakilan Rakyat pada 25 November mendatang.

 "Oleh karena itu, kami melakukan pencegahan dengan memperkuat pengamanan di gedung MPR/DPR," tutur Tito.

Menurut Tito, aksi demo yang akan dilaksanakan pada 25 November dan 2 Desember mendatang itu bukan semata-mata menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama ditahan karena perkara penistaan agama.

 Ada agenda terselubung dari kelompok tertentu untuk menggulingkan pemerintah Presiden Joko Widodo. Skenarionya, para pendemo akan merangsek masuk dan "menguasai" gedung DPR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper