Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Merkel Maju Jadi Calon Kanselir Jerman Keempat Kalinya

Kanselir Jerman Angela Merkel memastikan akan mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan keempat dalam pemilihan umum tahun depan
Angela Merkel./.
Angela Merkel./.

Kabar24, JAKARTA- Kanselir Jerman Angela Merkel memastikan akan mencalonkan diri lagi untuk masa jabatan keempat dalam pemilihan umum tahun depan.
Penegasan yang dikeluarkan kemarin sekaligus mengakhiri spekulasi selama berbulan-bulan.

Dalam pidato di partainya, CDU, Merkel mengatakan keputusannya untuk maju adalah tantangan berat ketika terjadi polarisasi tajam di dalam masyarakat. Untuk itu dia berjanji memperjuangkan nilai-nilai demokrasi dan kebebasan.

"Kita menghadapi tantangan, di Eropa dan di dunia internasional, terhadap nilai-nilai dan kepentingan kita termasuk gaya hidup kita,” ujarnya sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Senin (21/11/2016).

Dia menambahkan bahwa Uni Eropa juga harus mengatasi ketegangan krisis euro, masalah migran serta keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

Sejumlah masalah seperti krisis pengungsi dan keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa merupakan sebuah ujian, ujarnya.

Keputusan membuka pintu bagi migran, termasuk pengungsi dari negara-negara bergolak, banyak mendapatkan tentangan di Jerman.

Merkel telah menjabat sebagai kanselir selama 11 tahun terakhir.

Secara umum ia dianggap sebagai sosok yang menstabilkan di Eropa di tengah ketidakpastian, namun keputusannya tahun lalu untuk membuka pintu bagi sekitar satu juta migran membuat marah banyak pemilih di Jerman.

Kemarahan itu antara lain tercermin dalam kekalahan CDU dalam pemilihan daerah beberapa bulan lalu, sementara partai sayap kanan AfD semakin populer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper