Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Radikalisme, Korpri Diminta Ikut Deteksi Dini

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta para anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk rutin membaur di tengah masyarakat melakukan deteksi dini untuk mencegah berkembangnya radikalisme.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo/Antara
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo/Antara

Bisnis.com, JAKARTA– Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta para anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) untuk rutin membaur di tengah masyarakat melakukan deteksi dini untuk mencegah berkembangnya radikalisme.

"Musuh bangsa ini, tantangan bangsa Indonesia, bukan masalah pembangunan dan perencanaan, namun pada masalah aksi terorisme dan radikalisme,” kata Tjahjo melalui keterangan tertulis, Minggu (20/11/2016).

Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh anggota Korpri bisa membaur dengan masyarkat. Korpri, tuturnya, harus bisa mendengar keluhan masyarakat, memperhatikan gelagat dan dinamika di lokasi tersebut.

“Kalau mungkin kita hadir setiap Sholat Subuh atau Maghrib. Lalu setiap Sholat Jumat janganlah berkumpul di satu mesjid yang dekat dengan kantor, kalau bisa menyebar di berbagai lokasi, dengar aspirasi masyarakat dengan baik,” ujarnya.

Tjahjo mengemukakan hal terseut juga menjadi upaya untuk mendekatkan aparat pemerintahan, khususnya para pejabat ke masyarakat. Menurut Tjahjo, upaya yang sama juga dilakukan Polri dan TNI kepada seluruh jajarannya hingga ke berbagai daerah.

Tjahjo menjelaskan memupuk dan mengembangkan sikap saling toleransi antarumat beragama menjadi hal yang sangat penting sampai kapanpun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Membangun kerukunan umat beragama sangat penting. Minoritas harus menghargai yang mayoritas dan mayoritas harus melindungi yang minoritas," sebut Tjahjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper