Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Minta Australia Perluas Kerja Sama Pelayanan Publik

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta perluasan kerja sama di bidang pelayanan publik antara Indonesia dengan Australia.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA—Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta perluasan kerja sama di bidang pelayanan publik antara Indonesia dengan Australia.

Asman Abnur, Menteri PAN-RB, mengatakan kerja sama antara Indonesia dengan Australia harus menyentuh berbagai aspek terkait pelayanan publik. Selama ini, kerja sama kedua negara dalam mendorong reformasi birokrasi telah berjalan baik, sehingga diperlukan perluasan agar lebih efektif.

“Saya harap dialog yang dilakukan dapat membuka berbagai persoalan birokrasi yang harus diselesaikan, untuk kemudian digali pemikiran, serta upaya penyelesaiannya dengan pembelajaran dari Australia,” katanya. Rabu (16/11).

Asman menuturkan perluasan kerja sama tersebut diperlukan untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang lebih baik. Nantinya, kerja sama kedua negara juga tidak hanya menyentuh peningkatan kualitas sumber daya manusia, tetapi juga bidang lainnya.

Indonesia sendiri telah melaksanakan reformasi birokrasi sejak 2008, dan telah mengalami berbagai kemajuan. Indonesia menggandeng Australia sejak 2011, untuk mengembangkan reformasi birokrasi.

Kementerian PAN-RB sebelumnya juga mengkaji penerapan Azerbaijan Service and Assessment Network atau ASAN, untuk mengoptimalkan pelayanan publik di Indonesia.

ASAN terbukti dapat memperbaiki pelayanan publik di Azerbaijan, karena menerapkan inovasi dalam pelaksanaan di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper