Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRESIDEN BARACK OBAMA: Peralihan Kekuasaan ke Trump Akan Mulus

Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Rabu (9/11/2016), menjanjikan peralihan kekuasaan secara mulus kepada presiden terpilih Donald Trump, yang memenangi Pemilihan Presiden pada Selasa (8/11/2016).
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 10 November 2016  |  09:19 WIB
PRESIDEN BARACK OBAMA: Peralihan Kekuasaan ke Trump Akan Mulus
Barack Obama dan Michelle Obama - people
Bagikan

Bisnis.com, WASHINGTON -  Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Rabu, menjanjikan peralihan kekuasaan secara mulus kepada presiden terpilih Donald Trump, yang memenangi Pemilihan Presiden pada Selasa (8/11/2016).

Trump sendiri sebelumnya pernah menyatakan tekad untuk membatalkan berbagai kebijakan utama dalam dan luar negeri.

Dalam pernyataan singkatnya kepada para wartawan di Rose Garden, Gedung Putih, Obama meminta para anggota Partai Demokrat untuk membuang kekecewaan mereka dan agar berupaya untuk bersikap positif setelah kekalahan yang dialami kubu Demokrat pada pemilu.

"Bukan rahasia bahwa saya dan presiden terpilih memiliki beberapa perbedaan yang cukup penting," kata Obama, tanpa senyum, menyangkut Trump. Presiden terpilih itu telah sekian lama mengungkit pertanyaan soal apakah Obama lahir di Amerika Serikat serta mempertanyakan kemampuan Obama menjalankan tugas sebagai presiden.

"Sekarang kita semua mendukung agar ia berhasil dalam mempersatukan dan memimpin negara ini," kata Obama.

Obama dan sang istri, Michelle, berkampanye habis-habisan untuk mendukung kandidat Partai Demokrat Hillary Clinton agar dapat mengalahkan Trump. Obama menyadari bahwa peninggalan kebijakannya sebagai presiden menyangkut pelayanan kesehatan, perubahan iklim dan reformasi keuangan bisa terputus.

Namun, Obama memusatkan isi pernyataannya pada Rabu dengan memberikan jaminan bahwa pengalihan kepada Trump akan berlangsung dengan mudah. Ia mengacu pada pendahulunya, mantan presiden George W. Bush dari Partai Republik, yang melakukan hal sama terhadapnya delapan tahun lalu.

"Semua orang merasa sedih ketika kandidat yang mereka dukung kalah dalam pemilihan, tapi keesokan harinya kita harus ingat bahwa kita sebenarnya adalah satu tim," kata Obama.

"Saya ingin memastikan bahwa peralihan akan berlangsung dengan baik karena akhirnya kita ini berada dalam tim yang sama," kata Obama.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

barack obama presiden as Donald Trump

Sumber : ANTARA/REUTERS

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top