Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Ajak Masyarakat Kendari Gunakan KPR FLPP

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR mengajak masyarakat di wilayah Kendari dan sekitarnya untuk memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) untuk memiliki rumah bersubsidi pemerintah.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Kabar24.com, KENDARI—Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR mengajak masyarakat di wilayah Kendari dan sekitarnya untuk memanfaatkan Kredit Pemilikan Rumah dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) untuk memiliki rumah bersubsidi pemerintah.

Adanya KPR FLPP yang suku bunganya ringan dan angsuran terjangkau diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat yang menginginkan tinggal di rumah yang layak huni.

"Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap perumahan adalah dengan KPR FLPP. Kami harap masyarakat di Kendari dan sekitarnya serta Provinsi Sulawesi Tenggara bisa ikut memanfaatkan KPR FLPP untuk memiliki rumah bersubsidi," ujar Direktur Utama PPDPP Kementerian PUPR, Budi Hartono saat memberikan sambutan pada pembukaan Pameran Rumah Rakyat 2016 di GOR Bahteramas, Kendari, Rabu (26/10/2016), seperti dilansir dalam siaran pers.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Dewan Pengawas PPDPP Kementerian PUPR Mirna Amin, Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Saleh Lasata dan Walikota Kendari Asrun. Pameran tersebut juga diselenggarakan sebagai rangkaian Peringatan Hari Habitat Dunia 2016 yang mengangkat tema Perumahan Penggerak Perkotaan Berkelanjutan.

Budi menjelaskan, kegiatan pameran tersebut dilaksanakan sebagai upaya pemerintah mendekatkan para pengembang rumah bersubsidi dengan masyarakat yang membutuhkan ataupun sedang mencari rumah bersubsidi yang harganya murah dan terjangkau.

Rencananya Pameran Rumah Rakyat 2016 akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 26 - 30 Oktober 2016 di Kendari dan diikuti sekitar 33 pengembang rumah bersubsidi dan perbankan penyalur KPR FLPP.

"Pada pameran ini kami juga menggandeng pemda setempat dan perbankan serta asosiasi pengembang yang ada di Sulawesi Tenggara. Kami harap masyarakat bisa lebih mudah memiliki rumah sebab bisa memilih lokasi rumah yang diinginkan serta mengajukan kredit langsung ke perbankan yang menyalurkan KPR FLPP," terangnya.

Lebih lanjut, Budi menerangkan, beberapa keunggulan KPR FLPP dibandingkan KPR komersial yang ada antara lain suku bunga yang tetap yakni lima persen selama masa tenor yang cukup panjang 20 tahun, angsuran rumah yang terjangkau, bebas PPN dan uang muka ringan.

"Kami harap masyarakat baik di Kendari maupun kota-kota lainnya bisa ikut memanfaatkan fasilitas KPR FLPP sehingga lebih banyak masyarakat yang memiliki rumah yang layak huni," harapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Saleh Lasata menuturkan, kebutuhan rumah di provinsi tersebut selalu meningkat setiap tahun seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Oleh karena itu, adanya program sosialisasi program perumahan seperti pameran perumahan seperti sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

"Adanya pemekaran wilayah seperti dari 4 kabupaten menjadi 17 kabupaten /kota di provinsi Sultra mau tidak mau akan berdampak pada kebutuhan rumah masyarakat maupun PNS yang bekerja di wilayah tersebut," terangnya.

Dirinya juga berharap masyarakat yang ada di kabupaten-kabupaten lain seperti di Wakatobi,  Buton Selatan dan Bombana bisa datang ke pameran ini untuk mencari informasi tentang program perumahan pemerintah ini.

"Kalau dulu proses untuk KPR berbelit-belit kini masyarakat dipermudah dengan adanya KPR FLPP," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper