Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembunuhan Munir: PDIP, jika Diduga Terlibat, Periksa Saja Hendropriyono

Ketua DPP PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan mengatakan pemerintahan Presiden Joko Widodo harus bisa mengambil kesempatan penyelesaian kasus Munir agar dapat menyelesaikan kasus-kasus HAM lainnya.
Hendropriyono/YAY
Hendropriyono/YAY

Kabar24.com, JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan  mengatakan  pemerintahan Presiden Joko Widodo harus bisa mengambil kesempatan penyelesaian kasus Munir agar dapat menyelesaikan kasus-kasus HAM lainnya.

"Ini harus dijadikan momen oleh Presiden Jokowi, apalagi ada program reformasi hukum," ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/10/2016).

Menanggapi pernyataan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) yang mengatakan hanya Hendropriyono belum diperiksa terkait kasus itu, lebih jauh Trimedya mengatakan semua warga negara sama kedudukan di mata hokum.

Menurutnya,   mantan Kepalan Badan Intelijen Negara (BIN) Hendropriyono harus diperiksa, jika ada dugaan keterlibatan dalam kasus pembunuhan aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Munir.

"Negara kita ini kan negara hukum, siapapun kedudukannya sama. Kalau misalnya kuat dugaan ke pak Hendro, harus diperiksa dong," ujar Trimedya di gedung DPR.  Wakil Ketua Komisi III DPR itu  meyakini jika Hendropiyono diperiksa akan memenuhi pemanggilan.

Sebelumnya, Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) Puri Kencana Putri meminta Presiden Jokowi memeriksa Hendropriyono.

Puri yakin Hendropriyono terlibat dalam kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia tersebut. Menurutnya, keyakinan itu muncul setelah mendengar pernyataan mantan Ketua Tim Pencari Fakta (TPF) Munir, Mashadi Hanafi yang menyatakan telah merekomendasikan empat nama untuk dilakukan pemeriksaan.

Selain nama  Muchdi PR dan Polycarpus juga ada nama  Hendropriyono yang direkomendasikan untuk diperiksa.

"Harus (periksa Hendropriyono). Tapi, pemeriksaan harus menggunakan logika, umumkan dulu dokumen TPF dong," kata Puri.

Puri juga meminta Presiden Jokowi untuk melakukan konsolidasi aparat penegak hukum untuk mencari, memproses langkah penegakan hukum yang baru, karena sudah disampaikan oleh mantan Sekretaris Negara Sudi Silalahi bahwa bukti-bukti yang mengarahkan ke nama AM Hendropriyono belum kuat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper