Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ditjen Perhubungan Darat Perangi Pungli

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tidak ketinggalan turut memerangi aktivitas pungutan liar alias pungli
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 22 Oktober 2016  |  13:56 WIB
Pungli - istimewa
Pungli - istimewa

Kabar24.com, JAKARTA- Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan tidak ketinggalan turut memerangi aktivitas pungutan liar alias pungli pascaoperasi tangkat tangan yang terjadi di kementerian tersebut, belum lama ini.

 Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar mengatakan, maraknya isu pungli yang belakangan ini menjadi topik hangat di berbagai kalangan meningkatkan kekhawatiran dan kewaspadaan banyak pihak.

Pungli, katanya, seperti sudah menjadi suatu budaya yang mengakar sejak berpuluh tahun yang lalu, dapat dilakukan oleh kalangan bawah ataupun elite masyarakat.

Bekerja di bidang yang mengedepankan aspek pelayanan masyarakat menjadikan seseorang rent”an terhadap pungli. Oleh karena itu, kemampuan untuk membentengi diri diperlukan agar terhindar dari praktik-praktik yang merugikan.

Dukungan dari keluarga dan tingkat solidaritas yang tinggi antar sesama pegawai diharapkan dapat menekan atau bahkan menghentikan bayang-bayang pungli,” ujarnya, Sabtu (22/10/2016).

Berangkat dari pemahaman tersebut, Ditjen Perhubungan Darat mencanangkan Gerakan Stop Pungli pada Sabtu ini di Bogor, Jawa Barat.

Menurutnya, melalui komitmen BISA (Brilliant, Innovative, Speed, Accountable), seluruh pejabat, pegawai Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan keluarga diajak untuk memagari diri dari pungli dan segala bentuk praktik yang merugikan diri sendiri, keluarga, dan instansi tempat bekerja.

 Komitmen dalam hindari pungli tersebut akan dikemas dalam bentuk pelepasan 200 balon ke udara serta penandatanganan dinding komitmen dan pakta integritas.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pungli pungli kemenhub
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top