Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Amplop Buat Kasubdit, Polisi akan Periksa Sejumlah Pejabat Kemenhub

Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya akan menjadwalkan pemeriksaan sejumlah pejabat di tubuh Kementerian Perhubungan terkait kasus pungutan liar.
Pungli/istimewa
Pungli/istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya akan menjadwalkan pemeriksaan sejumlah pejabat di tubuh Kementerian Perhubungan terkait kasus pungutan liar.

"Akan kita jadwalkan," kata Dirkrimsus Pilda Metro Jaya Kombes Fadil Imran ketika ditanya sehubungan dengan pemeriksaan sejumlah pejabat di Kemenhub, Jumat (14/10/2016).

Dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan di Gedung Kementerian Perhubungan khususnya di Direktorat Jendral Perhubungan Laut pada Selasa (11/10/2016), ditemukan sejumlah amplop bertuliskan nama-nama pejabat setingkat kasi dan kasubdit.

Polisi juga menyebutkan berdasarkan pengakuan tersangka, tindakan pungli dilakukan atas sepengetahuan dan instruksi dari atasan mereka. Namun, hal ini masih perlu untuj didalami lebih lanjut dan dibuktikan. Tindakan ini juga disebut sudah terjadi untuk waktu yang cukup lama.

Sebelumnya, Rabu (13/10/2016), pihak Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah menyita sejumlah rekaman CCTV untuk melengkapi alat bukti.

Sejauh ini, selain rekaman CCTV dan sejumlah amplop, polisi juga telah menyita beberapa unit ponsel pintar, sejumlah buku tabungan dengan saldo toral sekitar Rp1 miliar, sejumlah dokumen, dan ATM.

Sementara itu, terkait tiga tersangka yang sudah diamankan yakni MS (Kasi Pendaftaran dan Kebangsaan Kapal), ES (Ahli Ukur Kemenhub) dan AR (petugas loket), Fadil menyebut pihaknya sedang melengkapi berita acara pemeriksaan (BAP). "Masih bereskan BAP tersangka dulu," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper