Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Bitung, Contoh Keberhasilan Pemekaran Kabupaten Minahasa

Kota Bitung yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Minahasa kini telah mengalami kemajuan pesat.
Kota Bitung/wikipedia
Kota Bitung/wikipedia

Kabar24.com, BITUNG - Kota Bitung yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Minahasa kini telah mengalami kemajuan pesat.

Tokoh Masyarakat Bitung Ruddy Walukow mengatakan Kota Bitung, Sulawesi Utara tidak terlepas dari Kabupaten Minahasa yang memekarkannya pada 26 tahun lalu, Keberhasilan yang dicapai Bitung sekarang membuktikan bahwa pengelolaan wilayah ini menjadi contoh bagi daerah pemekaran lainnya dari Kabupaten Minahasa.

"Keberhasilan Kota Bitung yang mampu menjadi pintu gerbang Indonesia di bibir pasifik merupakan bukti nyata bahwa Kota Bitung mampu memberikan kontribusi bagi pembangunan Sulawesi Utara dan pembangunan nasional," kata Ruddy di Bitung, Selasa (11/10/2016).

Ia mengatakan, Pemkot Bitung di bawah kepemimpinan Lomban dan Mantiri, akan mampu membawa Bitung lebih maju lagi, apalagi rencana strategis 25 tahun ke depan sudah dicanangkan bersama pihak DPRD.

Menurut Walukow, Kabupaten Minahasa telah dimekarkan menjadi beberapa kota dan kabupaten seperti Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara termasuk Kota Bitung yang kesemuanya itu bertujuan mempercepat pembangunan di seluruh Tanah Minahasa, sampai ke pelosok-pelosok.

"Dampak pemekaran itu sudah sangat terasa, hampir di setiap pelosok kabupaten Minahasa dan yang sudah dimekarkan sudah terisi pembangunan," kata Walukow, seraya menambahkan, bahkan kehidupan ekonomi masyarakat semakin meningkat.

Ketua Dewan Adat Brigade Manguni, Lendy Wangke mengatakan, rasa bangganya kepada daerah-daerah pemekaran dari kabupaten Minahasa, karena tetap mengedepankan adat Minahasa dalam setiap kegiatan baik berskala nasional maupun kegiatan internasional.

Wangke menambahkan, pemkot Bitung telah menjadikannya sebagai Kota yang maju dan setidaknya menjadi contoh bagi Kabupaten Kota lainnya agar memacu pembangunan ekonomi dan fisik agar dapat menjadi sama dengan daerah Kota Bitung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper