Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Kritik Anggaran dari Pusat yang Berubah-Ubah

Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengkritik alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat yang berubah-ubah.
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo./JIBI-Paulus Tandi Bone
Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo./JIBI-Paulus Tandi Bone

Kabar24.com, MAKASSAR--Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengkritik alokasi anggaran dari Pemerintah Pusat yang berubah-ubah.

"Anggaran (dari Pemerintah Pusat), harusnya bisa dipastikan," tegas Syahrul dalam Focus Group Discussion Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) yang digelar di Makassar, Kamis.

Menurut Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia ini, anggaran yang berubah-ubah akan mempengaruhi kredibilitas pemerintah.

"Kredibilitas kita dipertanyakan dengan dua kali pemotongan anggaran," ujarnya.

Pemerintahan, kata Syahrul, adalah sebuah sistem yang harusnya berjalan secara linear, berkelanjutan, dan dapat diprediksi (predictable).

Ketika suatu pemerintahan tidak dapat diprediksi, lanjutnya, hal ini justru menimbulkan kegamangan dan mempengaruhi kepercayaan publik.

"Anggaran pemerintah itu kan stimulan, kalau stimulannya ada, kepercayaan publik ada, perekonomian pasti bergerak," jelas Syahrul.

Syahrul menggarisbawahi bahwa tugas Pemerintah Pusat adalah melakukan asistensi dan fasilitasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota.

FGD TEPRA ini dipandu oleh Wakil Menteri Keuangan Prof. Mardiasmo. Pada Sesi 1, FGD ini menggali inovasi dan aksi yang telah, sedang, dan akan dilakukan oleh masing-masing daerah.

Di Sesi 2 kegiatan ini membedah postur APBD, dan Sesi terakhir mengevaluasi apakah dana yang diberikan Pemerintah Pusat dapat mensejahterahkan masyarakat.

FGD ini diikuti oleh perwakilan Pemerintah Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua Barat, sementara perwakilan Pemerintah Papua belum tampak hadir pada pembukaan FGD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Rustam Agus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper