Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peternak Binaan Semen Indonesia Kembangkan Produk Olahan Susu

Pasangan petani ternak kambing Desa Kemadu Kecamatan Sulang, Rembang Jateng, yang merupakan binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sukses mengembangkan produk olahan berbahan susu kambing murni.
Ilustrasi peternak kambing etawa./Bisnis.com-Novita Sari Simamora
Ilustrasi peternak kambing etawa./Bisnis.com-Novita Sari Simamora

Bisnis.com, REMBANG — Pasangan petani ternak kambing Desa Kemadu Kecamatan Sulang, Rembang Jateng, yang merupakan binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sukses mengembangkan produk olahan berbahan susu kambing murni.

Dalam rilis yang dikirim Semen Indonesia disebutkan, berbagai produk yang saat ini sudah cukup terkenal di beberapa kota, antara lain sabun susu etawa, susu murni etawa, susu rasa etawa, yoghurt serta masker susu etawa.

Produk-produk tersebut saat ini sudah berhasil dipasarkan ke beberapa kota di Pulau Jawa dan luar Jawa.

Pasangan ternak kambing etawa itu, yakni Ragil Bambang Sumantri (34) dan Nurul Azizah. Beternak kambing menjadi pilihan hidup Ragil, lulusan sarjana teknik arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Meski tidak berhubungan dengan disiplin ilmu yang ditimbanya, bukan berarti usaha ternak yang digeluti Ragil hanya sekedarnya alias asal-asalan.

Bermodalkan tekad dan dana yang tidak banyak, pasangan ini memulai usaha pada 2006 silam. Mereka membeli delapan ekor kambing etawa untuk selanjutnya dikembangkan. Kambingnya makin berkembang setelah setahun kemudian Ragil membentuk Kelompok Tani Ternak (KTT) Margo Mulyo.

Untuk mengembangkan usahanya, Ragil dan 25 anggota kelompok ternak Margo Mulyo menjalin kemitraan dengan Semen Indonesia.

Pinjaman lunak yang digelontorkan Semen Indonesia sebesar Rp25 juta per anggota sangat efektif  untuk pengembangan sentra ternak kambing etawa di Desa Kemadu Kecamatan Sulang.

“Saat ini di KTT Margomulyo total ada 223 ekor kambing. Punya saya pribadi ada sekitar 60 ekor kambing. Kami akan terus mencoba mengembangkan semua potensi bisnis dari ternak kambing etawa ini, kami juga berharap kemitraan dengan Semen Indonesia dapat terus terjalin melalui penguatan modal usaha. Dengan demikin bukan tidak mungkin kedepannya, di daerah kami menjadi sentra peternakan kambing Etawa," ucapnya.

Istri Ragil, Nur Azizah menambahkan, untuk pengembangan bisnis dari produknya, saat ini ia sudah mendirikan beberapa agen penjualan di luar kota. Bahkan agen penjualan produk olahan susu itu ada yang sudah berdiri di Palembang, Sumatra Selatan.

Menurut perempuan berjilbab itu, saat ini ia juga mulai melakukan pengembangan melalui pemasaran online. Pemasaran ini sudah mulai berjalan dengan sasaran beberapa kota luar Jawa, seperti Batam.

Sementara itu, Kepala Departemen CSR Semen Indonesia Wahjudi Heru mengatakan kesuksesan para mitra binaan dalam mengelola usaha yang digelutinya menjadi bukti kesungguhan perusahaan dalam membina para pengusaha kecil. Harapannya, dengan banyaknya mitra binaan yang sukses, maka dapat membuka peluang lapangan kerja baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper