Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rinjani Meletus, Wisatawan Turun & Selamat

Ratusan wisatawan atau pengunjung Gunung Rinjani, telah keluar dengan selamat dan kondisi baik, saat gunung di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat itu meletus kemarin.
Gunung Rinjani/Indonesia Travel
Gunung Rinjani/Indonesia Travel

Kabar24.com, JAKARTA - Ratusan wisatawan atau pengunjung Gunung Rinjani, telah keluar dengan selamat dan kondisi baik, saat gunung di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat itu meletus kemarin.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa upaya evakuasi wisatawan terus dilakukan.

Hingga Rabu (28/9/2016) pukul 13.00 Wita, wisawatan dalam dan domestik keluar dari Gunung Rinjani melalui dua pintu yaitu Pintu Sembalun sebanyak 51 orang (23 wisatawan mancanegara dan 28 wisawatan/guide lokal) dan 55 orang (42 wisatawan asing dan 13 wisawatan/guide lokal).

"Selain itu juga ada wisatawan yang turun dan keluar dari Gunung Rinjani melalui pintu tidak resmi sehingga tidak tercatat," ujarnya, seperti siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (28/9).

Berdasarkan data dari Taman Nasional Gunung Rinjani sebanyak 1.023 orang wisatawan berada di Gunung Rinjani saat terjadi erupsi Gunung Barujari pada pada Selasa (27/9/2016) pukul 14.45 Wita.

Sutopo mengatakan wisatawan masuk dari dua pintu yaitu Pintu Sembalun dan Pintu Senaru.

Wisatawan yang masuk dari Sembalun sebanyak 389 wisatawan (333 wisatawan mancanegara dan 56 wisatawan/guide lokal).
yang naik ke Gunung Rinjani sejak 25-27 September 2016.

Sedangkan dari Pintu Senaru terdapat  634 orang wisatawan (306 wisatawan mancanegara dan 228 wisawatan/guide/porter lokal).

Sitopo menerangkan bahaa pada Rabu (28/9/2016) pagi petugas dari Taman Nasional Gunung Rinjani dan BPBD telah mengirimkan petugas untuk melakukan pencarian wisatawan dan evakuasi dari Gunung Rinjani.

Jarak dari Pintu Sembalun hingga Segara Anakan atau di Kaldera Gunung Rinjani berjarak sekitar 8 km dan memerlukan waktu 8-10 jam karena jalan terjal.

Sedangkan rute antara Pintu Senaru hingga Segara Anakan sekitar 15 km dengan waktu tempuh sekitar 9 jam. Saat ini petugas masih dalam perjalanan.

"Petugas akan mengevakuasi atau memerintahkan semua wisatawan/pengunjung keluar dari kawasan puncak Gunung Rinjani," ujarnya.

Menurut laporan BPBD Provinsi NTB, kendala yang ditemukan beberapa wisatawan tidak mau untuk keluar lantaran ingin mendokumentasikan letusan Gunung Barujari sehingga seringkali sembunyi agar tidak terlihat oleh petugas.

"Mereka tahu bahwa berbahaya tetapi tetap nekat ingin mendokumentasikannya," ujarnya.

Adanya erupsi Gunung Barujari – anak Gunung Rinjani - pada Selasa (27/9/2016) pukul 14.45 Wita yang kemudian disusul dinaikkannya status Gunung Rinjani dari Normal Aktif (level I) menjadi Waspada (level II) terhitung mulai 27/9/2016 pukul 15.00 Wita.

Sesuai rekomendasi PVMBG bahwa pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan beraktivitas/berkemah di dalam Kaldera Gunungapi Rinjani dan di dalam radius 3 km dari kawah Gunung Barujari yang berada di dalam Kaldera Gunungapi Rinjani maka harus dikosongkan.

Dalam sejarah aktivitasnya, Gunungapi Rinjani telah meletus 20 kali dengan indeks eksplosivitas (Volcanic Explosivity Index/VEI) berkisar 1-7 (dari skala maksimum 8).

Letusan terbesarnya terjadi pada tahun 1257 dengan VEI 7 dan letusan terakhirnya terjadi pada hari Senin, 1 Agustus 2016 pukul 11:50 WITA dengan VEI 2.

Indeks Eksplosivitas Letusan (Volcanic Explosivity Index) kali ini diperkirakan pada VEI 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper