Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran: Ketika Persoalan Bahari Berada di Tangan Seniman

Bagaimana jadinya jika persoalan bahari diterjemahkan dalam karya oleh para seniman? Sejumlah karya seperti lukisan, gambar, patung, video art, karya seni instalasi akan tampil dalam Pameran Nautika Rasa Seni Rupa & Imaji Bahari di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, pada 14 September - 25 September 2016.
Galeri Nasional/galeri-nasional.or.id
Galeri Nasional/galeri-nasional.or.id

Bisnis.com, JAKARTA - Bagaimana jadinya jika persoalan bahari diterjemahkan dalam karya oleh para seniman? Sejumlah karya seperti lukisan, gambar, patung, video art, karya seni instalasi akan tampil dalam Pameran Nautika Rasa Seni Rupa & Imaji Bahari di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, pada 14 September - 25 September 2016.

Pameran yang rencananya diresmikan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ini diramaikan oleh seniman dari Bandung, Jakarta, Tasikmalaya, Probolinggo, dan Cilacap. Sejumlah agenda juga menyertai pameran ini seperti demo melukis bersama pelukis Men Sagan pada 22 September 2016, diskusi seni bersama kurator pada 25 September 2016.

Kurator Rizki A Zaelani menjelaskan Nautika Rasa menghubungkan dua pokok yakni, tentang nautika (nautical) yang berarti hal yang terhubung dengan laut, serta soal perasaan (feeling) sebagaimana telah dikenal dekat oleh seniman.

Pameran ini, lanjutnya, hendak menyusuri luasnya lautan perasaan yang tak bertepi itu melalui tema-tema pemandangan, keadaan, bahkan persoalan bahari melalui cermin dimensi perasaan seniman sendiri. Bahari atau soal kelautan menjadi wilayah perhatian khas di mana setiap orang bisa mengambil hikmah dan penilaian.

"Bagaimanapun, bagi para seniman, itu adalah cara unik untuk menemukan hubungan mereka terhadap tanah dan air nya: Indonesia," tuturnya seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (10/9/2016). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper