Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MA Perberat Hukuman OC Kaligis Jadi 10 Tahun. Ini Pertimbangan Artidjo Alkostar dkk

Mahkamah Agung memperberat hukuman OC Kaligis dari tujuh tahun menjadi 10 tahun penjara setelah permohonan kasasinya ditolak.
OC Kaligis/Antara
OC Kaligis/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Pengacara senior OC Kaligis tak berhasil meyakinkan majelis hasil kasasi untuk meringankan hukuman yang harus dijalaninya.

Alih-alih, Mahkamah Agung memperberat hukuman OC Kaligis dari tujuh tahun menjadi 10 tahun penjara (sebelumnya diberitakan 8 tahun penjara) setelah permohonan kasasinya ditolak.

OC Kaligis menjadi terpidana kasus dugaan suap Ketua PTUN Medan, Sumatra Utara, bersama dua hakim lainnya dalam rangka mengamankan kliennya, Gubernur Sumatra Utara Gatot Pudjo Nugroho dalam korupsi dana bansos Sumut.

Anggota majelis hakim kasasi, Krisna Harahap, Rabu (10/8/2016), membenarkan hukuman OC Kaligis diperberat selain itu juga diharuskan membayar denda Rp500 juta dengan hukuman pengganti kurungan selama enam bulan.

"Hukumannya dari tujuh tahun menjadi delapan tahun penjara," katanya.

Majelis hakim kasasi perkara itu dipimpin oleh Artidjo Alkostar dengan anggota Krisna Harahap dan M Latif.

Menurut majelis hakim, OC yang bergelar guru besar seharusnya menjadi panutan yang harus digugu dan ditiru seluruh advokat dan mahasiswa.

Sebagai seorang advokat terdakwa seharusnya steril dari perbuatan-perbuatan memberikan atau menjanjikan sesuatu kepada Hakim, pejabat pengadilan atau pejabat lain dalam menjalankan profesinya sesuai sumpah jabatan yang harus dipatuhi setiap Advokat seperti tertuang dalam Pasal 4 UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat, kata majelis hakim.

Sementara itu, mantan Ketua PTUN Medan yang tersangkut kasus suap OC Kaligis itu, Tripeni Irianto Putro, memutuskan untuk membatalkan permohonan kasasinya.

Hal itu terkait dengan tersiarnya informasi di laman Mahkamah Agung (MA) bahwa perkaranya diperiksa oleh majelis hakim yang terdiri dari Artidjo Alkostar, Krisna Harahap, dan MS Lumme.

Di Pengadilan Tipikor, Hakim Tripeni yang terbukti menerima suap dari Pengacara OC Kaligis, dijatuhi hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsidair 2 bulan kurungan sedang tuntutan Jaksa 4 tahun 6 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper